Analisis Kinerja Keuangan Bank Syariah di Indonesia Menggunakan Metode Sharia Conformity and Profitability (SCnP) Model (Periode 2014-2016)

Akhadiyah, Nunung (2018) Analisis Kinerja Keuangan Bank Syariah di Indonesia Menggunakan Metode Sharia Conformity and Profitability (SCnP) Model (Periode 2014-2016). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nunung Intan Akhadiyah_083 143 174.pdf

Download (18MB)

Abstract

Bank Syariah di Indonesia terus mengalami perkembangan beberapa tahun terakhir, ditambah dengan isu-isu bahwa Bank Syariah yang masih menggunakan riba dalam kinerjanya. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan analisis mengenai kondisi kinerja keuangan dan ketaatan syariahnya menggunakan metode Sharia Conformity and Profitability (SCnP) dan membuktikan apakah bank dengan rasio yang baik juga memiliki tingkat ketaatan yang baik. Ada 2 variabel yang digunakan yaitu Sharia Conformity yang dan variabel Profitability. Objek penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar di OJK periode 2014-2016, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data yang digunakan diperoleh dari laporan tahunan bank yang dipublikasikan melalui website resmi bank tersebut. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuntitatif. Sharia Conformity and Profitability (SCnP) Model merupakan salah satu penilaian kinerja keuangan. Model ini membagi dua aspeknya yaitu Sharia Conformity dengan indikator Islamic Income Ratio, Islamic Investment Ratio dan Profit Sharing Ratio dan aspek Profitability dengan indikator Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE) dan Profit Margin Ratio. Kinerja keuangan bank syariah di Indonesia yang diukur dengan model SCnP periode 2014-2016 berada pada posisi yang berbeda-beda. BCA Syariah, Bank Muamalat Syariah, Bank Panin Syariah, dan Bank Syariah Bukopin, berada pada posisi URQ, BRI Syariah, BSM, Bank Syariah Mega, BTPN Syariah, dan BNI Syariah berada pada posisi LRQ. Bank Victoria Syariah berada pada posisi ULQ. Sedangkan BJB Syariah dan Maybank Syariah konsisten berada pada posisi LLQ. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan Bank Syariah di Indonesia berada pada posisi yang cukup stabil. Bank Muamalat Indonesia, BCA Syariah, Bank Bukopin Syariah, dan Bank Panin Syariah memiliki tingkat ketaatan yang baik. Sedangkan bank syariah yang lain membuktikan bahwa kinerja keuangan bank yang baik belum tentu memiliki nilai ketaatan yang baik. Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Sharia Conformity and Profitability (SCnP).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:48
Last Modified: 29 Mar 2023 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21167

Actions (login required)

View Item View Item