Pembinaan Profesi Guru melalui Strategi Pendidikan dan Pelatihan di Sekolah Menengah Atas Nurul Islam Antirogo Jember

Susmiati, Ms (2018) Pembinaan Profesi Guru melalui Strategi Pendidikan dan Pelatihan di Sekolah Menengah Atas Nurul Islam Antirogo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Susmiati_084 133 003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Pembinaan Profesi Guru, Strategi Diklat Guru dituntut memiliki kompetensi antara lain kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Namun kenyataan di lapangan, sering kali pendidik belum mempunyai kompetensi penuh dalam melaksanakan tugas-tugasnya, maka dari itu perlu adanya pembinaan untuk meningkatkan empat kompetensi yang harus dimiliki guru tersebut. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana pembinaan profesi guru melalui strategi pembinaan internal sekolah, 2) bagaimana pembinaan profesi guru melalui straregi In House Training, 3) bagaimana pembinaan profesi guru melalui strategi kemitraan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembinaan profesi guru melalui pembinaan internal sekolah, Inhouse Training, Kemitraan sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Nurul Islam (Nuris) Antirogo Jember Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian ini adalah guru-guru SMA Nuris dengan sample tiga orang dan pengawas pengembangan mutu sumber daya manusia (purposive sampling). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan deskriptif kualitatif, dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Pembinaan Profesi Guru melalui Strategi Pembinaan Internal Sekolah yaitu yayasan menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan setiap semester. Pendidikan dan pelatihan tersebut dilaksanakan oleh seluruh lembaga pendidikan yang berada di dalam yayasan tersebut. 2) Pembinaan Profesi Guru melalui Strategi Inhouse Training ini dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan para guru, yang dibina oleh guru inti yang dipilih atau ditentukan oleh pengelolah gugus, biasanya dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas. 3) Pembinaan Profesi Guru melalui Strategi Kemitraan Sekolah yaitu diklat yang dilakukan secara keseluruhan antar lembaga, lembaga yang masuk kemitraan sama-sama menyepakati untuk melaksanakan diklat dan yang mengikuti diklat tersebut adalah semua guru-guru yang di tunjuk oleh lembaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:48
Last Modified: 29 Mar 2023 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21168

Actions (login required)

View Item View Item