Kompetensi Profesional Guru Dalam Mengelola Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di Sekolah Menengah Pertama Argopuro 2 Suci Panti Jember

Fahmi, Muhammad (2017) Kompetensi Profesional Guru Dalam Mengelola Sumber Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Di Sekolah Menengah Pertama Argopuro 2 Suci Panti Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Fahmi_084 131 183.pdf

Download (2MB)

Abstract

Guru merupakan salah satu komponen yang sangat penting selain komponen lainnya, seperti tujuan, metode, media, bahan ajar, dan evaluasi. Penelitian akan di lakukan di SMP ARGOPURO 2 SUCI, memilih lokasi tersebut peneliti akan meneliti lebih lanjut mengenai profesional guru dalam menegelola sumber belajar pada mata pelajaran PAI. Karena di SMP tersebut guru PAI sudah profesional namun dalam mengelola sumber belajar masih dihadapkan akan kekurangan yang harus diminimalisir dengan pengelolaan sumber belajar secara baik dan benar oleh guru PAI yang sudah profesional. Dari latar belakang yang ada dalam skripsi ini fokus pada: a) Bagaimana kompetensi profesional guru dalam mengelola sumber belajar pada mata pelajaran PAI di SMP Argopuro 2 Suci Panti Jember? b) Bagaimana pembelajaran PAI di SMP Argopuro 2 Suci Panti Jember? Tujuan dari penelitian ini a)Untuk mendiskripsikan mengenai kompetensi profesional guru SMP Argopuro 2 Suci Panti Jember dalam mengelola sumber belajar pada mata pelajaran PAI. b) Untuk mendeskripsikan mengenai pembelajaran PAI SMP Argopuro 2 Suci Panti Jember. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi Hasil dari penelitian ini yaitu: a) Kompetensi Profesional guru dalam mengelola sumber belajar pada mata pelajaran PAI di SMP Argopuro 2 Suci Panti Jember dalam mengelola sumber belajar sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dari penggunaan sumber belajar. Adapun penggunaan sumber belajar yang ada di SMP Argopuro 2 Suci Panti Jember yaitu Device (media atau alat) menggunakan papan tulis. Technique (teknik atau metode) menggunakan metode hafalan, tanya jawab, diskusi, kuis. Materials (bahan) menggunakan bahan seperti buku paket dan modul LKS dalam pembelajaran PAI. People (orang) Guru PAI selama pembelajaran PAI berlangsung dalam mengelola sumber belajar sudah cukup memberikan yang terbaik dalam pengelolaannya. Setting (lingkungan) SMP Argopuro 2 Suci Panti Jember tidak kalah dengan bangunan sekolah-sekolah yang berstatus negeri. Meskipun status sekolah swasta tapi dari segi bangunan sangatlah layak untuk proses pembelajaran. Dan dari jumlah murid-murid yang ada bisa dikatakan banyak yang berkontribusi dalam meningkatkan prestasi dalam bidang akademik mupun non akademik. b) Kompetensi profesional guru dalam pembelajaran PAI SMP Argopuro 2 Suci Panti Jember. Pelaksanaan pembelajaran PAI di lakukan hanya didalam kelas saja. Di dalam kelas pelaksanaan pembelajaran memanfaatkan sumber belajar yang tersedia di dalam kelas yaitu papan tulis, al-quran, dan juga buku paket serta modul LKS. Pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas menggunakan strategi ceramah interaktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:48
Last Modified: 29 Mar 2023 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21170

Actions (login required)

View Item View Item