Pengaruh Produk Bersertifikat BPOM dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Membeli.

Dewi, Putri (2018) Pengaruh Produk Bersertifikat BPOM dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Membeli. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
PUTRI DEWI_083144058.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konsumsi masyarakat terhadap produk-produk cenderung terus meningkat, seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat termasuk pola konsumsinya. Di masa sekarang banyak sekali makanan yang beredar dimasyarakat belum mengantongi ijin dari BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan). Dalam konteks ini BPOM gencar dalam melakukan pemeriksaan terhadap makanan serta obat-obatan yang bereddar dimasyarakat. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) yang telah dikeluarkan, perusahaan ataupun industri produsen makanan ataupun obat-obatan wajib untuk mendapatkan izin dari BPOM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah produk berlabel BPOM dan kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan membeli di Kecamatan Genteng? 2) Apakah produk berlabel BPOM dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan membeli di Kecamatan Genteng? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh produk berlabel BPOM dan kualitas produk secara parsial terhadap keputusan membeli di Kecamatan Genteng. 2) Untuk mengetahui pengaruh produk berlabel BPOM dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan membeli di Kecamatan Genteng. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey. Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, angket (kuesioner), dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda. Berdasakan uji regresi linear berganda terdapat persamaan Y = 31,111 + 0,157X1 + 0,234X2. Maka dapat dilihat bahwa nilai koefisiensi variabel keputusan membeli sebesar 31,111. Berdasarkan uji t (parsial) variabel Label BPOM (X1) tidak berpengaruh terhadap variabel keputusan membeli (Y) dengan nilai probabilitas sebesar 0,254 dimana hasil ini lebih besar dari 0,05. Variabel kualitas produk (X2) berpengaruh terhadap variabel keputusan membeli (Y) dengan nilai probabilitas sebesar 0,021 dimana hasil ini lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan uji f (simultan) variabel label BPOM dan kualitas produk berpengaruh secara simultan (bersama-sama) terhadap variabel keputusan membeli. Hal ini ditunjukkan dengan nilai dari f hitung sebesar 4,801 dengan nilai signifikansi sebesar 0,01 < 0,05. Berdasarkan hasil pengujian koefisiensi determinasi (R2 ) Nilai koefisiensi yang dihasilkan sebesar 0,071. Hal ini berati 7% dari keputusan membeli dipengaruhi oleh variabel label BPOM dan kualitas produk. Sedangkan sisanya 93% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Kata kunci: Label BPOM, Kualitas Produk, Keputusan Membeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150313 Quality Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:48
Last Modified: 29 Mar 2023 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21173

Actions (login required)

View Item View Item