Strategi Manajemen Risiko Imbal Hasil pada PT Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember

Islamea, Rabiah Al Adawiyah (2018) Strategi Manajemen Risiko Imbal Hasil pada PT Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rabiah Al Adawiyah Islamea_083143184.pdf

Download (7MB)

Abstract

Bank syariah merupakan lembaga intermediasi yang melakukan aktivitas penghimpunan dana dari masyarakat yang ingin menginvestasikan dananya dan menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan dana dengan prinsip syariah. Dari kegiatan operasionalnya, bank syariah akan selalu dihadapkan oleh risiko-risiko yang mengakibatkan bank syariah mengalami kerugian finansial. Risiko imbal hasil adalah salah satu risiko yang diwajibkan penerapan manajemennya bagi BUS dan UUS sebagaimana tertuang dalam PBI No. 13/23/PBI/2011 dan POJK No. 65/POJK.03/2016. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana kerangka manajemen risiko imbal hasil pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember, 2. Apa faktor penyebab timbulnya risiko imbal hasil dan solusinya pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui kerangka manajemen risiko imbal hasil pada PT Bank Syariah Mandiri KC Jember, 2. Mengetahui penyebab timbulnya risiko imbal hasil dan solusinya pada PT Bank Syariah Mandiri KC Jember. Penyusunan penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Data diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan pihak PT Bank Syariah Mandiri KC Jember yang mempunyai tanggung jawab terhadap proses manajemen risiko. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kerangka manajemen risiko imbal hasil pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember meliputi 4 pilar manajemen risiko pada umumnya, yakni identifikasi risiko, pengukuran risiko, pemantauan risiko dan pengendalian risiko, 2) Penyebab timbulnya risiko imbal hasil di Bank Syariah Mandiri KC Jember ada 2, faktor internal (bangkrutnya usaha debitur, pendapatan bagi hasil menurun) dan faktor eksternal (Penawaran bunga kompetitor yang lebih besar, penawaran nisbah bagi hasil kompetitor yang lebih besar). Strategi manajemen risiko imbal hasil yang diterapkan di Bank Syariah Mandiri adalah pemantauan pricing pembiayaan dan strategi step up price akad Murabahah. Kata Kunci : Manajemen Risiko, Risiko Imbal Hasil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:49
Last Modified: 29 Mar 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21177

Actions (login required)

View Item View Item