Analisis Proses Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada Produk Bestcow Farm Di Ajung Kabupaten Jember

Jayanti, Rinda (2018) Analisis Proses Pengembangan Produk Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada Produk Bestcow Farm Di Ajung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rinda Jayanti_083144017.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi Produk Bestcow Farm merupakan produk susu berupa susu murni, susu pasteur, yoghurt dan juga produk jasa berupa wisata edukasi bagi semua kalangan masyarakat. Susu Bestcow Farm memiliki mutu dan kualitas produk cukup baik dibanding dengan peternakan sapi perah lainnya karena pada peternakan sapi perah Bestcow Farm terdapat uji kualitas susu yang dihasilkan dari beberapa peternak sebelum disetorkan. Adapun uji kualitasnya itu antara lain dari berat jenis untuk mengetahui kadar air yang terkandung dalam susu dan di Bestcow Farm menggunakan alkohol untuk mengetahui susu rusak atau tidak. terus ada MBRT (Methylen Blue Reduction Time) untuk mengetahui jumlah bakteri, bakterinya banyak atau tidak. Kemudian suhu, karena suhu akan menentukan kecepatan pertumbuhan bakteri di susu. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Proses Pengembangan Produk pada produk Bestcow Farm di Ajung Kabupaten Jember? 2) Apakah Proses Pengembangan Produk dapat Meningkatkan Keunggulan Bersaing pada Produk Bestcow Farm di Ajung Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan Proses Pengembangan Produk pada Produk Bestcow Farm di Ajung Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui Proses Pengembangan Produk dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Produk Bestcow Farm di Ajung Kabupaten Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian bahwa 1) Dari hal tersebut dapat diketahui jika pihak pengelola Bestcow Farm telah menggunakan proses pengembangan produk sesuai dengan teori pemasaran sehingga keberhasilan proses pengembangan produk dapat meningkatkan strategi bersaing Bestcow Farm. 2) Di Bestcow Farm pihak pengelola mengunakan strategi bersaing yang sesuai dengan teori mulai dari biaya rendah, diferensiasi, serta fokus yang semakin meningkatkan strategi bersaing Bestcow Farm Jember. Kata kunci : Proses Pengembangan produk, Keunggulan Bersaing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:49
Last Modified: 29 Mar 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21181

Actions (login required)

View Item View Item