Manajemen Palang Merah Remaja (PMR) Dalam Membentuk Kepribadian Siswa di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung

Shandi, Pugut Ranto Priono (2018) Manajemen Palang Merah Remaja (PMR) Dalam Membentuk Kepribadian Siswa di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Pugut Ranto Priono Shandi_084123083.pdf

Download (11MB)

Abstract

Manajemen Palang Merah Remaja (PMR) merupakan segala aktivitas pendidikan dan pembinaan PMR yang disusun secara sistematis sesuai dengan ketentuan Palang Merah Indonesia, yaitu tentang Relawan yang salah satunya ialah Palang Merah Remaja sebagai kader relawan yang dididik dan dibina dalam lingkungan lembaga pendidikan yaitu sekolah dan madrasah. Kepribadian ialah keseluruhan cara seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. Kepribadian tidak pernah lepas dari manusia, karena kepribadian merupakan bagian dari manusia, khususnya pada siswa. Siswa berproses di sekolah atau madrasah dituntut untuk dapat menggali ilmu serta berlatih sikap dan keterampilan pada bidang keilmuan tertentu. Dalam hal ini fokus penelitian yang dapat penulis rumuskan ialah sebagai berikut: 1) Bagaimana Perencanaan PMR di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung?, 2) Bagaimana Pengorganisasian PMR dalam Membentuk Kepribadian Siswa di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung?, 3) Bagaimana Penggerakan PMR dalam Membentuk Kepribadian Siswa di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung?, 4) Bagaimana Pengawasan PMR dalam Membentuk Kepribadian Siswa di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung? Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, menganalisis Manajemen PMR di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung, tentang bagaimana manajemen PMR dalam membentuk kepribadian siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan aktivitas manajerial PMR dalam membentuk kepribadian siswa di Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya bagaimana Manajemen PMR dapat membentuk kepribadian siswa. Yang mana dalam pelaksanaan aktivitas manajerial PMR di dalamnya meliputi : 1) perencanaan kegiatan PMR diantaranya penyusunan program kegiatan PMR 2) pengorganisasian kegiatan PMR yaitu dalam bentuk struktur organisasi PMR dengan deskripsi kerjanya, 3) penggerakan kegiatan PMR yaitu pelaksanaan program yang telah disusun, dilaksanakan berdasarkan prinsip – prinsip yang diberlakukan di unit PMR Madrasah Aliyah Baitul Arqom Balung. Prinsip – prinsipnya ialah prinsip Ki Hajar Dewantara (Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani), Prinsip Dasar Gerakan Internasional Palang Merah Dan Bulan Sabit Merah dan Tri Bakti PMR, serta 4) pengawasan kegiatan PMR yaitu dalam bentuk jurnal dan presensi kegiatan PMR serta evaluasi bulanan dan tahunan PMR.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:50
Last Modified: 29 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21185

Actions (login required)

View Item View Item