Problematika Pendidikan Bagi Siswa Kurang Mampu Yang Mendapatkan Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) Di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Tahun Pelajaran 2017/2018

Saputri, Retno Hana (2018) Problematika Pendidikan Bagi Siswa Kurang Mampu Yang Mendapatkan Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) Di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Retno Hana Saputri_084 131 111.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kartu Indonesia Pintar diberikan bagi siswa yang kurang mampu. Salah satu sekolah di Kabupaten Jember yang memiliki siswa penerima bantuan program Kartu Indonesia Pintar adalah di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah. Dana tersebut digunakan oleh siswa untuk membeli perlengkapan kebutuhan sekolah, diantaranya untuk membeli buku, alat tulis, tas, sepatu, dan lain-lain. Realitanya adalah siswa yang mendapatkan KIP memiliki problematika dalam belajar. Penelitian ini dilakukan agar dapat memberikan gambaran dan penjelasan yang lebih rinci mengenai Problematika Pendidikan Bagi Siswa Kurang Mampu yang Mendapatkan Bantuan Program Indonesia Pintar di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Problematika Intern Pembelajaran bagi Siswa Kurang Mampu yang mendapatkan Bantuan Program Indonesia pintar kelas X dan XI di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Tahun pelajaran 2017/2018?; 2) Bagaimana Problematika Ekstern Pembelajaran bagi Siswa Kurang Mampu yang mendapatkan Bantuan Program Indonesia Pintar kelas X dan XI di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan umum penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan Problematika Intern Pembelajaran bagi Siswa Kurang Mampu yang mendapatkan Bantuan Program Indonesia pintar kelas X dan XI di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Tahun pelajaran 2017/2018; 2) Problematika Esktern Pembelajaran bagi Siswa Kurang Mampu yang mendapatkan Bantuan Program Indonesia Pintar kelas X dan XI di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Tahun pelajaran 2017/2018; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Field Reseach. Lokasi penelitian ini di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Adapun temuan penelitian ini yaitu: 1) Problematika intern yang menyebabkan kesulitan belajar bagi siswa kurang mampu yang mendapatkan Bantuan Program Indonesia Pintar SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember yaitu masalah kerajinan dan ketekunan serta motivasi siswa. 2) Problematika ekstern yang menyebabkan kesulitan belajar bagi siswa kurang mampu yang mendapatkan bantuan program Indonesia Pintar SMA U BPPT Darus Sholah Jember yaitu faktor keluarga dan faktor masalah ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:50
Last Modified: 29 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21187

Actions (login required)

View Item View Item