Optimalisasi Pengembangan Potensi Lokal Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso.

Sari, Santi Yulia Ika (2018) Optimalisasi Pengembangan Potensi Lokal Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SANTI YULIA IKA SARI_ 083 144 075.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan potensi lokal adalah peluang besar bagi setiap desa di seluruh Indonesia untuk mengembangkan setiap potensi lokal yang dimilikinya secara mandiri sesuai dengan kebutuhan desa masing-masing dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Focus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pengelolaan potensi lokal di Desa Lombok Kulon ? 2) Faktor-faktor apa saja yang berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Lombok Kulon? 3) Bagaimana strategi pengembangan potensi lokal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Lombok Kulon?. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengembangan potensi lokal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso. 1. Untuk mengetahui pengelolaan potensi lokal di Desa Lombok Kulon. 2. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berperan meningkatkan kesejahteraan msyarakat desa Lombok Kulon. 3. Untuk mengetahui strategi pengembangan potensi lokal dalam meningkatkan kesejahetraan masyarakat desa Lombok Kulon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Adapun pengelolaan pengembangan potensi lokal Desa Lombok Kulon yaitu secara individu dan kelompok dari setiap 6 POKJA (kelompok kerja) yang ada. 2) Faktor-faktor yang berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lombok Kulon meliputi adanya home stay dan kampung English sehingga perekonomian masyarakat dapat naik dan turun dengan adanaya Desa wisata organik Lombok Kulon. 3) Strategi pengembangan potensi lokal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu dengan promosi dari mulut kemulut dan juga melalui website serta melakukan kerjasama dengan IJEF east java countries dan juga desa wisata Indonesi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:50
Last Modified: 29 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21191

Actions (login required)

View Item View Item