Syarifah, Silviatus (2018) Analisis Strategi Pengembangan di UD Zhibond Coffee Indonesia. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Silviatus Syarifah_083144182.pdf Download (3MB) |
Abstract
UD. Zhibond Coffee Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang suplier dan distributor kopi. Perusahaan ini didirikan karena melihat potensi kopi lokal Indonesia khususnya Jember yang potensial. Varietas kopi di Jember cukup banyak dan berkualitas. UD Zhibond Coffee Indonesia hadir untuk meciptakan keseimbangan Industri kopi Indonesia dengan terjun langsung pada sektor hulu dan hilir untuk menjaga kualitas kopi terbaik sampai pada penikmatnya. Berdasarkan beberapa uraian diatas, penelitian ini penting dilakukan untuk melihat strategi pengembangan apa yang dilakukan oleh UD Zhibond Coffee Indonesia dengan judul “Analisis Strategi Pengembangan di UD Zhibond Coffee Indonesia ”. Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi pengembangan yang dilakukan oleh UD Zhibond Coffee Indonesia ? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pengembangan di UD Zhibond Coffee Indonesia? Tujuan Penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan strategi pengembangan yang dilakukan oleh UD Zhibond Coffee indonesia 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pengembangan yang dilakukan oleh UD Zhibond Coffee Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pendekatan kualititatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisisdata menggunakan deskriptif kualitatif. Keabsahan data yang digunakan dengan menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: Strategi pengembangan yang dilakukan oleh UD Zhibond Coffee mencakup beberapa dari strategi pokok dalam teori. Dari sebelas strategi pokok yang ada dalam teori, yang digunakan di UD Zhibond Coffee sebanyak tujuh strategi yaitu 1) strategi integrasi kedepan 2) strategi integrasi kebelakang 3) strategi penetrasi pasar 4) strategi pengembangan produk 5) strategi pengembangan pasar 6) strategi diversifikasi terkait 7) strategi diversifikasi tak terkait. Faktor pendukung dan faktor penghambat dari setiap strategi yang digunakan oleh UD Zhibond Coffee. Dari ketujuh strategi yang digunakan beberapa faktor pendukungnya yaitu 1) strategi integrasi kedepan, distribusi yang baik berupa online dan offline, calon konsumen banyak menggunakan media sosial, banyak perusahaan kompetitor yang menggunakan strategi serupa 2) strategi integrasi belakang, kurangnya pemahaman petani terkait perawatan kopi, kurangnya kesadaran petani kopi dalam perawatan tanaman kopi hingga panen petik merah 3) strategi penetrasi pasar, mudahnya bentuk pemasaran seacar online yang tak berbayar, selera masyarakat berbeda beda 4) strategi pengembangan produk, kemajuan dalam teknologi, semakin tinggi biaya modal 5) strategi pengembangan pasar, media sosial mempuni untuk akses pemasaran, jangkauan wilayah yang jauh 6) strategi diversifikasi terkait , peminat kopi berada pada semua segmentasi pasar, membutuhkan lahan baru untuk cabang bisnis baru 7) strategi integrasi tak terkait, menambah media pemasaran, membutuhkan keterampilan SDM baru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 06:50 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 06:50 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21192 |
Actions (login required)
View Item |