Peran Dana Remitansi Pekerja Migran Indonesia (PMI) Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Keluarga PMI di Desa Kaliglagah Kecamatan Sumber Baru Kabupaten Jember.

Fauziah, Siti Maritsatul (2018) Peran Dana Remitansi Pekerja Migran Indonesia (PMI) Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Keluarga PMI di Desa Kaliglagah Kecamatan Sumber Baru Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI MARITSATUL FAUZIAH_083144064.pdf

Download (1MB)

Abstract

Desa Kaliglagah merupakan salah satu desa di Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember, sebagian besar penduduk desa ini bekerja sebagai PMI. Warga desa yang menjadi PMI sebanyak 40% atau 862 dari total jumlah KK . Terdapat perbedaan dalam pengelolaan dana remitansi oleh keluarga PMI. Di desa Kaliglagah ini sebagian besar keluarga PMI memanfaatkan dana remitansi untuk kebutuhan konsumsi saja, sedang sebagian yang lain digunakan untuk hal yang produktif misalnya sebagai modal usaha, pendidikan dan kesehatan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana peran dana remitansi PMI dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan keluarga PMI di Desa Kaliglagah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember? (2)Bagaimana pengelolaan dana remitansi oleh keluarga PMI di Desa Kaliglagah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember? (3)Bagaimana minat berwirausaha keluarga PMI di Desa Kaliglagah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember? (4)Bagaimana proses masuknya dana remitansi kepada Keluarga PMI di Desa Kaliglagah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember? Penelitian ini bertujuaan untuk: (1)Mengekplorasi peran dana remitansi PMI terhadap jiwa kewirausahaan keluarga PMI di Desa Kaliglagah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember, (2)Mendeskripsikan minat berwirausaha keluarga PMI di Desa Kaliglagah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember, (3)Mengekplorasi pengelolaan dana remitansi oleh keluarga PMI di Desa Kaliglagah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember, (4)Mendeskripsikan proses masuknya dana remitansi kepada Keluarga PMI di Desa Kaliglagah Kecamatan Sumberbaru Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik Snowball dan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Dana remitansi belum sepenuhnya berperan dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan keluarga PMI di Desa Kaliglagah ini, peran dana remitansi yang terlihat jelas yakni dalam meningkatkan pendapatan masyarakat. Bagi sebagian keluarga memang mempunyai peran yang sangat baik, yakni sebagai sumber modal, (2)Minat berwirausaha yang dimiliki oleh keluarga PMI di Desa Kaliglagah ini cukup tinggi, namun hanya sebagian kecil dari keluarga PMI yang mempunyai minat tersebut, (3)Dana remitansi yang dikirimkan oleh para PMI dikelola oleh keluarga PMI utamanya untuk memenuhi kebutuhan hidup, biaya pendidikan dan kesehatan, juga ada yang digunakan sebagai modal usaha oleh sebagian keluarga, (4)Pengiriman dana remitansi oleh PMI kepada keluarga PMI di desa Kaliglagah ini melalui sektor formal, yakni menggunakan jasa perbankan dan Western Union. Kata kunci: Remitansi, Kewirausahaan, Keluarga PMI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:50
Last Modified: 29 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21197

Actions (login required)

View Item View Item