Penerapan Metode Hafalan Alquran Pada Anak Tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB-A) Taman Pendidikan dan Asuhan (TPA) Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Muarif, Samsul (2018) Penerapan Metode Hafalan Alquran Pada Anak Tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB-A) Taman Pendidikan dan Asuhan (TPA) Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Samsul Muarif_084131324.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan bagi kehidupan umat manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Dalam menempuh pendidikan tidak memandang batas usia baik muda maupun tua. Setiap manusia memiliki derajat yang sama, sehingga tidak ada perbedaan antara manusia yang diciptakan dengan keadaan normal dengan manusia yang diciptakan dengan keterbatasan baik dari segi fisik maupun non fisik. Anak berkebutuhan khusus yang memiliki gangguan pada penglihatan (Tunanetra) berhak mendapatkan pendidikan. Media yang digunakan untuk membantu anak yang tunanetra menggunakan bacaan dengan huruf Braille. SLB-A TPA Jember merupakan salah satu sekolah yang memberikan pendidikan bagi penyandang tunanetra. Sehingga anak yang tunanetra dapat belajar seperti layaknya anak-anak yang normal. Dalam mempelajari Alquran, anak yang tunanetra berbeda dengan anak yang normal. Media yang digunakan dalam mempelajari Alquran pada anak tunanetra dinamakan Alquran Braille. Cara menggunakan media ini yaitu dengan cara diraba. Sehingga anak tunanetra membutuhkan pendidikan khusus agar dapat menggunakan Alquran Braille ini dengan benar. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Apa saja metode yang digunakan dalam penerapan hafalan alquran pada anak tunanetra di SLB-A TPA Jember tahun ajaran 2017/2018? 2) Apa saja materi yang digunakan dalam penerapan metode afalan Alquran pada anak Tunanetra di SLB-A TPA Jember tahun ajaran 2017/2018? 3) Bagaimana tantangan dalam penerapan metode hafalan alquran pada anak tunanetra di SLB-A TPA Jember tahun ajaran 2017/2018? Adapun metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Penentuan subyek menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Metode dalam penerapan hafalan alquran pada anak tunanetra di SLB-A TPA Jember terdiri metode Braille dan metode Tahfiz. 2) Materi yang digunakan dalam penerapan metode hafalan Alquran pada anak tunanetra di SLB-A TPA Jember menggunakan materi yang sesuai RPP yakni materi Alquran surat, Al-Insyirah, Al-Furqan, Al-Isra’, Al-Fatihah, Al-Ikhlas. Sedangkan media yang digunakan adalah Alquran Braille, Alquran digital, MP3 Alquran, CD, DTB (Digital Talking Book), alat tulis berupa Reglet dan Stilus. Sedangkan bahan ajar yang digunakan adalah media cetak, audio, audio visual, dan interaktif. 3) Tantangannya yaitu malas dan lupa, merasa takut untuk meminta bantuan kepada teman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:50
Last Modified: 29 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21198

Actions (login required)

View Item View Item