Pola Kerjasama Lini Produksi di Daerah Konveksi Cangaan Desa Genteng Wetan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi.

Jannah, Siti Rofi'atul (2018) Pola Kerjasama Lini Produksi di Daerah Konveksi Cangaan Desa Genteng Wetan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI ROFI’ATUL JANNAH_083 144 112.pdf

Download (1MB)

Abstract

Home industri konveksi Dusun Cangaan telah lama dikenal orang. Tidak hanya warga Kecamatan Genteng dan sekitarnya. Warga kampung itu memang identik dengan konveksi. Itu tandanya adanya mesin jahit disetiap rumah warga dusun itu. Tentunya untuk melakukan itu semua harus ada yang namanya manajemen, agar semua berjalan sesuai dengan rencana pemilik usaha. Manajemen tersebut harus dibuat oleh pemilik usaha agar dalam usahanya tersebut terjalin suatu kerjasama yang membangun dan bisa mensukseskan mulai dari proses produksi sampai pendistribusiannya. Dalam suatu usaha pastinya ada pembagian tugas masing-masing karyawan untuk bertangung jawab dan mengerjakan apa yang sudah menjadi bagiannya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pola kerjasama lini produksi di daerah konveksi Cangaan Desa Genteng Wetan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pola kerjasama lini produksi di daerah konveksi Cangaan Desa Genteng Wetan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan memahami pola kerjasama lini produksi di daerah konveksi Cangaan Desa Genteng Wetan Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi. 2) Untuk mengetahui dan memahami faktor pendukung dan penghambat pola kerjasama lini produksi di daerah konveksi Cangaan Desa Genteng Wetan Kecamatan genteng Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian lapangan (field research). Penentuan subyek penelitian ini menggunakan tekhnik purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun tekhnik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Struktur organisasi di konveksi ini sangat sederhana. Organisasinya secara langsung antara pemilik dengan karyawan tanpa ada devisi-devisi khusus yang berada di bawah pemilik. Untuk mengkoordinasi pekerjaan yang dilakukan karyawan maka komunikasi sangat penting untuk dilakukan karena untuk menghindari kesalahfahaman. Untuk pengawasan dilakukan secara langsung oleh pemilik konveksi. 2) Faktor pendukung dalam kerjasama lini produksi ini adalah kerjasama dan kekompakan antara bagian yang satu dengan yang lainnya, faktor penghambat kerjasama lini produksi di sini adalah ketika kehabisan bahan baku/kain dan tidak ada persediaan, salah satu bagian karyawan yang tidak masuk, dan rasa bosan para karyawan. Kata kunci: kerjasama lini, produksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:51
Last Modified: 29 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21199

Actions (login required)

View Item View Item