Aini, Septa Lutfia (2018) Pengembangan Aspek Afektif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 5 Jember. Skripsi IAIN Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Septa Lutfi Aini_084141379.pdf Download (2MB) |
Abstract
Indikator keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan dapat dilihat dalam tiga aspek, yaitu aspek kognitif yang meliputi kemampuan menghafal ilmu pengetahuan. Aspek psikomotor yaitu meliputi ketrampilan dengan praktek menggunakan tindakan. Aspek afektif yaitu berkaitan dengan sikap peserta didik yang berhubungan dengan minat, perasaan, tanggung jawab, disiplin, jujur dan menghargai pendapat orang lain. Dengan uraian diatas maka tidak hanya aspek kognitif dan aspek prikomotrik yang menjadi pokok penting tetapi juga aspek afektif sangat dibutuhkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sebagaimana di SMKN 5 Jember dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam lebih mengembangkan aspek afektif dalam bentuk pembiasaan keagamaan. Karena dari pembiasaan tersebut dapat membentuk dan mengembangkan moral, emosional, dan sikap sehingga menjadi suatu kebiasaan positif. Fokus penelitian dalam skripsi ini mengkaji 2 hal yaitu: 1) bagaimana penerapan pengembangan aspek afektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 5 Jember? (2) bagaimana problematika pengembangan aspek afektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 5 Jember? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan pengembangan aspek afektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 5 Jember (2) Mendeskripsikan problematika pengembangan aspek afektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 5 Jember Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Lokasi penelitian ini di SMKN 5 Jember. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) penerapan pengembangan aspek afektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui 5 jenjang, pertama yaitu receiving yang berkaitan dengan peserta didik mampu menerima pembiasaan membaca al-Quran sebelum proses pembelajaran. kedua yaitu responding yang berkaitan dengan peserta didik mampu merespon pendapat orang lain dengan menyampaikan pendapat dalam kegiatan diskusi. Ketiga yaitu valuing yang berkaitan dengan menghargai pendapat peserta didik lain dalam kegiatan diskusi. Keempat yaitu organization yang berkaitan dengan peserta didik mampu mengorganisir kegiatan diskusi sehingga berjalan dengan tertib. Kelima yaitu karakterisasi nilai yang berkaitan dengan penanaman nilai-nilai yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mengevaluasi pengembangan aspek afektif guru Pendidikan Agama Islam menggunakan teknik evaluasi tugas berbentuk tes tertulis dan non tertulis. (2) problematika pengembangan aspek afektif yaitu minimnya komunikasi antar guru Pendidikan Agama Islam , kurangnya sarana dan prasarana yang memadai serta kurangnya dukungan sekolah dalam mengembangkan aspek afektif pesertas didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 06:51 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 06:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21201 |
Actions (login required)
View Item |