Sistem Mentoring dalam Pengembangan Bisnis untuk Anggota HIPMI BPC Jember.

Kulsum, Sitti Umi (2018) Sistem Mentoring dalam Pengembangan Bisnis untuk Anggota HIPMI BPC Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITTI UMI KULSUM_083 144 199.pdf

Download (4MB)

Abstract

Organisasi kewirausahaan berperan penting dalam meningkatkan kualitas wirausahawan di Indonesia. Untuk menimimalisir kegagalan bagi para pemula, perlu adanya bimbingan dari Mentor. Salah satu organisasi bisnis yang ada di Indonesia yang menggunakan sistem mentoring dalam organisasinya adalah HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia). Mengacu pada kepanjangan dari HIPMI, tidak hanya seorang pengusaha yang sudah memiliki bisnis saja yang bisa menjadi anggota, melainkan para mahasiswa atau para kaum muda yang belum memiliki bisnis pun bisa menjadi anggota. Hal inilah yang menarik, adanya sistem mentoring dalam pengembangan usaha bagi anggotanya. Berdasarkan latar belakang masalah, peneliti tertarik untuk meneliti dengan judul “Sistem Mentoring dalam Pengembangan Bisnis Untuk Anggota HIPMI BPC Jember”. Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana mekanisme sistem mentoring yang ada di HIPMI BPC Jember?.2) Bagaimana peran mentor dalam mengembangkan bisnis anggota HIPMI BPC Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan mekanisme sistem mentoring yang ada di HIPMI BPC Jember serta peranan mentor dalam mengembangkan bisnis aggota HIPMI BPC Jember Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian field research, sedangkan teknik dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang meliputi pemilik sekaligus pimpinan organisasi, mentor dan anggota lainnya.. Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk melihat keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa : 1) mekanisme mentoring yang ada di HIPMI BPC Jember harus menjadi anggota terlebih dahulu, jika belum maka harus mendaftarkan diri melalui website. Kemudian menyampaikan bisnis dan permasalahan apa yang dialami selama menjalani bisnisnya. Setelah itu, anggota tersebut akan mendapatkan mentor dan bisa lakukan mentoring sesuai dengan waktu yang telah disepakati bersama mentor. proses mentoring berlangsung dalam kurun waktu yang tidak dapat ditentukan, artinya selama mentor dan mentee menjadi anggota HIPMI proses mentoring tetap bisa berlangsung. 2) peranan mentor dalam perkembangan bisnis anggota HIPMI BPC Jember sangatlah berpengaruh terutama dalam masalah analisis bisnis dan penentuan strategi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:51
Last Modified: 29 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21204

Actions (login required)

View Item View Item