Strategi Penetapan Harga Home Industri Roti Arli Food Di Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember

Riadi, Slamet (2018) Strategi Penetapan Harga Home Industri Roti Arli Food Di Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SLAMET RIADI_083134145.pdf

Download (5MB)

Abstract

Home industri roti merupakan salah satu usaha yang ada di desa gambirono kecamatan bangsalsari kabupaten jember, kalau dilihat dari kualitas produk yang dihasilkan sangat berkualitas. Akan tetapi mengapa perusahaan masih tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh pemilik perusahaan, seperti produk yang ditawarkan berkualitas tinggi, akan tetapi permintaan dari konsumen minim, atau naik turun (tidak stabil). Apakah mungkin home industri ini kurang tepat dalam menetapkan harga, karena harga sangatlah penting dan berpengaruh sekali atas perkembangan perusahaan. Fokus masalah yang diteliti: 1. Bagaimana penetapan harga home industri roti ARLI FOOD di Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember? 2. Bagaimana Strategi penetapan harga home industri roti ARLI FOOD di Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penetapan harga home industri roti ARLI FOOD di Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategipenetapan harga home industri roti di Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakanstudikasus. Sedangkan teknik pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknikdansumber. Kesimpulan yang diperolehdaripenelitianini: 1. Perusahaan Home Industri Roti ARLI FOOD di Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember, dalam menentukan harga produksinya dengan cara terlebih dahulu menjumlahkan biaya produksinya, namun perusahaan dalam menentukan harga geografisnya tidak menambahi atau mengurangi harga dalam setiap lokasi pasar yang menjadi konsumennya, sekalipun lokasi pasarnya jauh. Perusahaan menatapkan harga yang sama kepada setiap konsumen. 2. Perusahaan Home Industri Roti ARLI FOOD di Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember, dalam memilih sasaran harga kepada konsumen berbeda, penetapan harga pada pasar atau toko, perusahaan mematok harga 850 rupiah, sedangkan kepada konsumen yang langsung membeli keperusahaan atau konsumen pribadi, peruasahaan mematok harga 1000 rupiah. Dalam memilih sasaran harga, Home Industri roti memilih sasaran konsumen pada bulan-bulan tertentu seperti musim nikahan. Akan tetapi dalam masalah menentukan sasaran harga perusahaan mematok harga sesuai dengan besarnya produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:51
Last Modified: 29 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21206

Actions (login required)

View Item View Item