Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Dakwah di Sekolah Menengah Atas Negeri Ambulu Tahun Pelajaran 2017/2018.

Jannah, Siti Fellatul (2018) Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Dakwah di Sekolah Menengah Atas Negeri Ambulu Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Fellatul Jannah_084141197.pdf

Download (30MB)

Abstract

Penanaman nilai religius mempunyai posisi yang penting, karena hanya dengan menanamkan nilai religius anak didik akan menyadari pentingnya nilainilai religius tersebut dalam kehidupan. Penanaman merupakan suatu cara atau proses menanamkan. Nilai religius adalah nilai-nilai kehidupan yang mencerminkan tumbuh kembangnya kehidupan beragama yang terdiri dari tiga unsur pokok yaitu akidah, ibadah dan akhlak yang menjadi pedoman perilaku sesuai dengan aturan-aturan Ilahi untuk mencapai kesejahteraan serta kebahagiaan hidup dunia dan akhirat. Oleh karena itu, kegiatan ekstrakurikuler dapat dijadikan sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai religius pada siswa. Karena pada dasarnya kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan tambahan di luar struktur program yang dilaksanakan di luar jam pelajaran biasa agar memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan serta kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penanaman nilai-nilai religius pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler dakwah di SMA Negeri Ambulu tahun pelajaran 2017/2018?, 2) Bagaimana dampak penanaman nilai-nilai religius pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler dakwah di SMA Negeri Ambulu tahun pelajaran 2017/2018?, 3) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam penanaman nilai-nilai religius pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler dakwah di SMA Negeri Ambulu tahun pelajaran 2017/2018?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian study kasus dengan subjek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Penanaman nilai-nilai religius pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler dakwah di SMA Negeri Ambulu dilaksanakan melalui beberapa metode yaitu, melalui metode keteladanan, melalui metode pembiasaan, melalui metode nasehat, dan melalui metode praktek atau terjun ke masyarakat. 2) Dampak penanaman nilai-nilai religius pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler dakwah di SMA Negeri Ambulu terdapat dua dampak yaitu, terbentuknya budaya religius dan membentuk sikap religius. 3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penanaman nilai-nilai religius pada siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler dakwah di SMA Negeri Ambulu yaitu, terjadinya budaya globalisasi dan kurang tersedianya dana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:51
Last Modified: 29 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21211

Actions (login required)

View Item View Item