Optimalisasi Industri Melalui Pendayagunaan Faktor Produksi Genteng di Dusun Kebonsari desa Tanjungsari kecamatan Umbulsari.

Nuha, Ulfatun (2018) Optimalisasi Industri Melalui Pendayagunaan Faktor Produksi Genteng di Dusun Kebonsari desa Tanjungsari kecamatan Umbulsari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ULFATUN NUHA_083 144 108.pdf

Download (1MB)

Abstract

Industri genteng merupakan salah satu jenis industri pedesaan yang berkembang di kabupaten Jember. Salah satu wilayah yang mayorita penduduknya bekerja pada industri genteng adalah dusun Kebonsari desa Tanjungsari Kecamatan Umbulsari. Dalam perkembangannya, jumlah pengusaha genteng di dusun Kebonsari mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Sehingga perlu adanya bentuk tindak lanjut berupa optimalisasi industri. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana optimalisasi industri melalui pendayagunaan faktor produksi genteng di dusun Kebonsari? 2) Apa saja faktor pendukung optimalisasi industri melalui pendayagunaan faktor produksi genteng di dusun Kebonsari? 3) Apa saja faktor penghambat optimalisasi industri melalui pendayagunaan faktor produksi genteng di dusun Kebonsari? 4) Bagaimana solusi hambatan-hambatan optimalisasi industri melalui pendayagunaan faktor produksi genteng di dusun Kebonsari? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui optimalisasi industri melalui pendayagunaan faktor produksi genteng di dusun Kebonsari, 2) Mengetahui faktor pendukung optimalisasi industri melalui pendayagunaan faktor produksi genteng di dusun Kebonsari, 3) Mengetahui faktor penghambat optimalisasi industri melalui pendayagunaan faktor produksi genteng di dusun Kebonsari, 4) Mengetahui solusi hambatan-hambatan optimalisasi industri melalui pendayagunaan faktor produksi genteng di dusun Kebonsari. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Teknik penentuan informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Optimalisasi industri dapat dilakukan dengan bantuan beberapa faktor produksi antara lain: modal, tenaga kerja, bahan baku dan teknologi. (2) Faktor pendukung optimalisasi industri yaitu cuaca yang baik dan kinerja karyawan yang maksimal (3) Faktor penghambat optimalisasi industri adalah musim hujan. (4) Solusi yang dilakukan dalam mengatasi kendala produksi ketika musim hujan yaitu membeli bahan baku tanah yang banyak untuk persediaan di musim hujan. Selain itu ketika hujan penjemuran genteng dilakukan didalam ruangan dan target produksi genteng dikurangi. Kata Kunci : Optimalisasi Industri, faktor-faktor Produksi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:51
Last Modified: 29 Mar 2023 06:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21212

Actions (login required)

View Item View Item