Implementasi Program Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa-Siswi di SMP Plus Raudlatut Tholabah Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Zaenab, Siti (2017) Implementasi Program Ekstrakurikuler Keagamaan dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa-Siswi di SMP Plus Raudlatut Tholabah Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Zaenab_084 131 268.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ekstrakurikuler keagamaan di sekolah merupakan sesuatu yang tidak dapat diabaikan dalam proses pendidikan, kegiatan ini memegang peranan penting dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa terutama di SMP Plus Raudlatut Tholabah yang menununjukkan betapa pentingnya ekstrakurikuler keagamaan ini bertujuan untuk membentuk remaja yang berakhlakul karimah serta mengembangkan bakat yang mereka miliki. Selain itu, dalam segi agama pun sering ditemukan orang-orang yang secara intelegensi menguasai berbagai disiplin agama namun mereka masih melanggar norma agama yang mereka anut. Dengan demikian Kecerdasan spiritual pun penting diasah sejak dini. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana implementasi praktik ibadah melalui program ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa-siswi di SMP Plus Raudlatut Tholabah Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?, 2) Bagaimana implementasi praktik tilawah melalui program ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa-siswi di SMP Plus Raudlatut Tholabah Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi praktik ibadah melalui program ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa-siswi di SMP Plus Raudlatut Tholabah Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.2) Untuk mendeskripsikan implementasi praktik tilawah melalui program ekstrakurikuler keagamaan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa-siswi di SMP Plus Raudlatut Tholabah Jenggawah Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif Deskriptif. Penentuan informan menggunakan metode Purposive Sampling, teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi. serta keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Mendapatkan perhatian lebih khususnya dari kepala sekolah dan guru pembina ekstrakurikuler keagamaan. Pelaksanaan praktik ibadah diwajibkan bagi seluruh peserta didik SMP Plus Raudlautut Tholabah ketika waktunya sholat dhuha dan dzuhur tanpa di suruh lagi mereka segera bergegas ke masjid untuk melaksanakan shalat dan kebanyak dari mereka yang berada di shaf depan anggota ekstrakurikuler keagamaan, melihat perubahan mereka yang semakin hari semakin lebih baik lagi dapat dipastikan kecerdasan spiritual siswa mulai meningkat. 2) Pelaksanaan kegiatan tilawah ini dilakukan setiap hari sabtu ketika jam KBM agar tidak menganggu kegiatan pondok tetapi kegiatan tilawah ini tidak mengurangi jam pelajaran. Proses evaluasi dilakukan pertemuan kedua yakni membaca al-Qur’an kepada pembina ekstrakurikuler. Kegiatan ini bersifat positif sehingga meningkatkan kecerdasan spiritual siswa yakni siswa bisa menjaga lisannya, melakukan sesuatu yang bersifat jujur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:52
Last Modified: 29 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21214

Actions (login required)

View Item View Item