Penerapan Materi Fiqih Ibadah Dalam Meningkatkan Motivasi Beribadah Santri di Pondok Pesantren Alqu-„an Ibnu Katsir Jember Tahun 2017 .

Hidayat, Syarif (2017) Penerapan Materi Fiqih Ibadah Dalam Meningkatkan Motivasi Beribadah Santri di Pondok Pesantren Alqu-„an Ibnu Katsir Jember Tahun 2017 . Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Syarif Hidayat_084 131 135.pdf

Download (44MB)

Abstract

Pengangkatan tema ini dilatar belakangi oleh perbedaan pemahaman dalam Islam yang ada ditengah-tengah masyarakat. Hal ini juga ada di para santri putra dan putri Pondok Pesantren Alqur’an Ibnu Katsir Jemeber. Sebuah Pondok Pesantren yang memiliki fokus pendidikan menghafal Aqur’an memiliki santri yang berlatar belakang pemahaman agama yang berbeda-beda. Meskipun berbeda latar belakang pemahaman yang berbeda, tidak menyebabkan para santri pecah belah melaikan tetap menjaga kerukunan, perdamaian dan mentaati peraturan yang ada di Pondok Pesantren Alqur’an Ibnu Katsir. Di Pondok Pesantren Alqur’an Ibnu Katsir, para santri juga diajarkan tentang fiqih terutama penekanan fiqih ibadah. Melalui pemahaman agama yang kuat terutama pemahaman dibidang fiqih ibadah, hal ini mempengaruhi moivasi santri berbusana muslim dan muslimah. Dengan mengikuti regulasi pesantren tentang tata cara berpakaian, para santri juga memiliki keyakinan dan motivasi masing-masing terhadap busana yang dikenakan. Fokus penelitian pada skripsi ini ada dua yang disebutkan sebagai berikut. 1.Bagaimana penerapan materi fiqih ibadah dalam meningkatkan motivasi physiological drive beribadah santri di Pondok Pesantren Alqur’an Ibnu Katsir Jember Tahun 2017?. 2.Bagaimana penerapan materi fiqih ibadah dalam meningkatkan motivasi social motives beribadah santri di Pondok Pesantren Alqur’an Ibnu Katsir Jember Tahun 2017? Sedangkan Tujuan dari penelitian ini adalah. 1.Untuk mendeskripsikan penerapan materi fiqih ibadah dalam menigkatkan motivasi physiological drive beribadah santri di Pondok Pesantren Alqur’an Ibnu Katsir Jember Tahun 2017. 2.Untuk mendeskripsikan penerapan materi fiqih ibadah dalam meningkatkan motivasi social motives beribadah santri di Pondok Pesantren Alqur’an Ibnu Katsir Jember Tahun 2017. Metode penelitian pada skripsi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dalam menentukan subyek penelitian, menggunakan teknik purposive. Sedangkan metode dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mengambil sumber data dari ketua yayasan, mundlir, asatidz staf dan santri putra serta putri. Adapun analisa data dalam penelitian ini yaitu reduction data, display data, dan verifikasi. Dan keabsahan data digunakan adalah trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil yang didapat dari penelitian yang telah dilakukan di Pondok Pesantren Alqur’an Ibnu Katsir adalah penerapan materi fiqih ibadah dapat meningkatkan motivasi beribadah santri baik motivasi physiological drive maupun social motives di Pondok Peantren Al-qur’an Ibnu Katsir Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:52
Last Modified: 29 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21217

Actions (login required)

View Item View Item