Analisis Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) Produk Batik Damas Kabupaten Jember

Ilmiya, Ziadatul (2018) Analisis Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle) Produk Batik Damas Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ZIADATUL ILMIYAH_083144152.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam kegiatan pemasaran semua produk dan jasa mempunyai siklus hidup tertentu. Siklus hidup mengacu pada periode dari pertama peluncuran produk ke pasar (introduction) sampai penarikan akhir (decline) dan dibagi secara bertahap. Beberapa perusahaan menggunakan perencanaan strategis dan lain-lain mengikuti aturan dasar yang berbeda fase siklus hidup yang dianalisis kemudian. Pemahaman siklus hidup produk dapat membantu perusahaan untuk memahami dan menyadari ketika saatnya untuk memperkenalkan dan menarik produk dari pasar Fokus penelitian yang diteliti: 1) Bagaimana siklus hidup produk (product life cycle) Batik Damas Kabupaten Jember? 2) Bagaimana strategi pemasaran Batik Damas Kabupaten Jember? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui siklus hidup produk (product life cycle) Batik Damas Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui strategi pemasaran Batik Damas Kabupaten Jember. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Keabsahan data yang digunakan adalah dengan menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. Siklus hidup produk (product life cycle) di Batik Damas adalah sebagai berikut: a. Pada tahap perkenalan yang dilakukan oleh Batik Damas adalah melakukan pemasaran produk batik secara langsung ke pasar, sekolahan, dan instansi. b. Pada tahap pertumbuhan Batik Damas sudah mencapai tahap ini. Karena produk sudah dikenal oleh konsumen. Konsumen dan produksi di Batik Damas juga mulai mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hingga saat ini produksi sudah mencapai sebanyak 200.000 meter. 2. Strategi pemasaran di Batik Damas Jember adalah sebagai berikut: a. Produk (product), Batik Damas mempunyai dua jenis produk yaitu: kain batik dan baju batik. b. Harga (price), harga yang ditentukan oleh Batik Damas dilihat dari jenis kain, ukuran, dan kenaikan bahan baku. c. Pendistribusian di Batik Damas adalah konsumen secara langsung melakukan pembelian dan pemesanan ke Batik Damas. d. Batik Damas Jember dalam proses promosi produk (batik) pemilik batik awal mula melakukan penjualan secara langsung ke konsumen di pasar, sekolahan, dan instansi. Hal ini memberikan pengaruh kepada konsumen untuk membeli produk Batik Damas. Proses promosi di Batik Damas menggunakan strategi dari mulut ke mulut. Kata Kunci: Siklus Hidup Produk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:52
Last Modified: 29 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21220

Actions (login required)

View Item View Item