Penerapan Metode Tahfidz Al Qur’an di SMP Al Qur’an Minhajut Thullab Berasan Banyuwangi.

Mutmainah, Yeni (2018) Penerapan Metode Tahfidz Al Qur’an di SMP Al Qur’an Minhajut Thullab Berasan Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yeni Mutmainah_084 141 165.pdf

Download (28MB)

Abstract

SMP Al-Qur’an Minhajut Thullab, sekolah ini merupakan salah satu lembaga yang disiapkan bagi para generasi Islam untuk mencintai Al-Qur’an. Selain melaksanakan proses belajar mengajar sebagaimana sekolah umum lainnya. SMP Al-Qur’an Minhajut Thullab juga memiliki Program Tahfidz Al-Qur’an bagi anak didiknya. Melalui pembelajaran tahfidz ini diharapkan peserta didik dapat lulus sekolah dengan hafal Al-Qur’an minimal 9 Juz sebagai syarat kelulusan. Melalui pembelajaran Tahfidz ini diharapkan peserta didik mampu/lancar membaca Al-Qur’an serta menghafal. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian adalah: (1) Bagaimana penerapan metode bin-nazhar pada tahfidz Al-Qur’an di SMP Al-Qur’an Minhajut Thullab Berasan Banyuwangi? (2) Bagaimana penerapan metode tallaqi pada tahfidz Al-Qur’an di SMP Al-Qur’an Minhajut Thullab Berasan Banyuwangi? (3) Bagaimana penerapan metode taqrir pada tahfidz Al-Qur’an di SMP Al-Qur’an Minhajut Thullab Berasan Banyuwangi? Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah; (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode bin-nazhar pada tahfidz Al-Qur’an di SMP Al-Qur’an Minhajut Thullab Berasan Banyuwangi. (2) Untuk mendeskripsikan penerapan metode tallaqi pada tahfidz Al-Qur’an di SMP Al-Qur’an Minhajut Thullab Berasan Banyuwangi. (3) Untuk mendeskripsikan penerapan metode taqrir pada tahfidz Al-Qur’an di SMP Al-Qur’an Minhajut Thullab Berasan Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman dengan langkah-langkah anatar lain koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitiannya adalah: (1) Penerapan metode bin-nazhr di SMP Al-Qur’an Al-Qur’an Minhajut Thullab Berasan Banyuwangi, dilakukan dengan menggunakan beberapa cara diantaranya, pertama, Memperhatikan kefasihan siswa dalam membaca Al-Qur’an, kedua, memperhatikan kefasihan siswa dalam membaca Al-Qur’an, ketiga, Menghafalkan Al-Qur’an dengan teman sebaya. (2) Penerapan metode talaqqi di SMP Al-Qur’an Minhajut Thullab Berasan Banyuwangi, metode talaqqi merupakan metode hafalan santri dengan beberapan macam diantaranya: pertama, Mengulang hafalan Al-Qur’an, kedua, Adanya bimbingan secara intens kepada santri, ketiga, Memberikan waktu kepada siswa untuk menghafalkan Al-Qur’an (3) Penerapan metode takrir di SMP Al-Qur’an Minhajut Thullab Berasan Banyuwangi dilakukan dengan beberapa macam diantaranya: pertama, Mengulang (murojaah) hafalan Al-Qur’an, kedua, Adanya motivasi dari pembimbing atau guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:52
Last Modified: 29 Mar 2023 06:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21222

Actions (login required)

View Item View Item