Implementasi Pilar Pendidikan UNESCO pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Darul Ulum Karangrejo Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Rahayu, Rizqi Maulida (2018) Implementasi Pilar Pendidikan UNESCO pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Darul Ulum Karangrejo Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizqi Maulida Rahayu_084 121 426.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pilar pendidikan UNESCO merupakan pilar penopang pendidikan di Indonesia, UNESCO sebagai lembaga PBB yang bergerak dibidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya telah merumuskan empat pilar pendidikan, hal ini dimaksudkan agar tujuan pendidikan dapat terwujud dengan baik. Empat pilar tersebut yaitu: 1). Learning to know, 2). Learning to do, 3). Learning to be, 4). Learning to live together. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pilar pendidikan UNESCO pada pembelajaran aqidah akhlak di MTs Darul Ulum Karangrejo Gumukmas tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pilar pendidikan UNESCO pada pembelajaran aqidah akhlak di MTs Darul Ulum Karangrejo Gumukmas tahun pelajarn 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi, Teknik analisis data menggunakan model Interaktif Milles dan Hubermen dan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa a). implementasi pilar Learning to know pada pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum dengan melatih proses berfikir kritis dan kreatif siswa dengan adanya tanya jawab serta melatih siswa untuk mampu mengembangkan ide/gagasan mereka dengan bertukar pendapat dan berinteraksi dengan siswa lain dalam tugas berkelompok. b). implementasi pilar Learning to do pada pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum dengan melatih siswa bukan sekedar memahami materi tetapi juga bisa mempraktekkan apa yang diperolehnya di sekolah, mendorong siswa sadar untuk melakukan suatu perbuatan yang baik dalam kehidupan sehari-hari, melatih siswa untuk meningkatkan iman kepada Allah SWT karena dapat membentuk akhlak dan kepribadian baik bagi siswa dengan adanya sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah di sekolah. c). implementasi pilar Learning to be pada pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum dengan melatih siswa belajar untuk mandiri, bertanggung jawab dalam memecahkan masalah belajarnya sendiri dan tidak bergantung pada orang lain. d). implementasi pilar Learning to live together pada pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum dengan melatih siswa bekerjasama, berinteraksi, juga berpartisipasi dalam proses pembelajaran dan menanamkan perilaku terpuji pada akhlak siswa mengenai hidup bersama dengan sesama teman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 07:31
Last Modified: 29 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21234

Actions (login required)

View Item View Item