Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al Hidayah Managli Jember Tahan Pelajaran 2018/2019

Abror, Rosidul (2018) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al Hidayah Managli Jember Tahan Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ROSIDUL ABROR_084 141 491.pdf

Download (9MB)

Abstract

Peran guru sebagai pendidik, pengajar, dan pembimbing pada umumnya memberikan pengetahuan saja tetapi untuk guru di SMP Islam Al Hidayah Mangli berupaya melatih jasmani peserta didik untuk terampil dan memiliki kemampuan atau keahlian untuk bekal kehidupanya terutama dalam mengarahkan anak didiknya melaui kegiatan sholat duha setiap hari . Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana peran guru PAI sebagai pendidik dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Al Hidayah Mangli Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2). Bagaimana peran guru PAI sebagai pengajar dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di SMP Islam Al Hidayah Mangi Jenber tahun pelajaran 2018/2019? 3). Bagaimana peran guru PAI sebagai pembimbing dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Al Hidayah Mangli Jember tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian adalah: 1). Mendeskripsikan peran guru PAI sebagai pendidik dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Al Hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2). Mendeskripsikan peran guru PAI sebagai pengajar dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Al Hidayah Mangli Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 3). Mendeskripsikan peran guru PAI sebagai pembimbing dalam mengatsi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Islam Al Hidayah Mangli Jenber Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam peneliti ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan model intraktif model Milles dan Huberman yang terdiri dari penggumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah 1). peran guru PAI sebagai pendidik dalam mengatasi kesulitan belajar adalah memberikan bantuan kepada perta didik yakni dengan menyediakan buku baca tulis al qur’an dan memberkan buku paket supaya siswa mudah dalam belajarnya dan menyuruh siswa menghafal dan merangkum materi yang disampaikan dan menanamkan kedisiplinan guru harus memulai dari dirinya sendiri, dalam berbagai tindakan dan perilakunya. 2). peran guru PAI sebagai pengajar adalah memberikan Pengajaran, materi, memberikan contoh, menjelaskan, materi secara jelas dan sederhana dengan menggunakan latihan. 3). peran guru PAI sebagai pembimbing yaitu Guru terlibat dalam pembelajaran, dan yang paling penting bahwa peserta didik melaksanakan kegiatan belajar itu tidak hanya jasmaniah, tetapi mereka harus terlibat secara psikologis guru memberikan motivasi, pengayoman, mengarahkan dan petunjuk agar peserta didik mudah dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 07:32
Last Modified: 29 Mar 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21236

Actions (login required)

View Item View Item