Penerapan Strategi Pembelajaran Pemilahan Kartu (Card Sort) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Unggulan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017-2018

Ridwan, Safaruddin (2017) Penerapan Strategi Pembelajaran Pemilahan Kartu (Card Sort) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Unggulan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Safaruddin Ridwan_084 131 309.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam adalah mata pelajaran yang sangat penting untuk disampaikan kepada peserta didik. Dalam upaya mencapai tujuan Pendidikan Agama Islam, SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember menerapkan beberapa macam strategi pembelajaran untuk menumbuh kembangkan potensi peserta didik. Salah satunya menerapkan strategi pembelajaran card sort. Berdasarkan latar belakang di atas, ada tiga fokus masalah yang akan di bahas, yaitu : 1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran pemilahan kartu (card sort) pada aspek akidah di SMA unggulan BPPT Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran pemilahan kartu (card sort) pada aspek ibadah di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran pemilahan kartu (card sort) pada aspek akhlak di SMA unggulan BPPT Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan dari penelitan ini adalah 1) untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran pemilahan kartu (card sort) pada aspek akidah di SMA unggulan BPPT Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran pemilahan kartu (card sort) pada aspek ibadah di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran pemilahan kartu (card sort) pada aspek akhlak di SMA unggulan BPPT Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian pada skripsi ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan subjek penelitian menggunakan purposive . Sedangkan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data dengan menggunakan data collection, data reduction, data display, dan conclusion/verification. Untuk keabsahan data adalah dengan menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) penerapan strategi pembelajaran card sort pada mata pelajaran PAI dalam aspek akidah guru memulai dengan metode ceramah. Kemudian dilanjutkan dengan cara membagikan potongan kertas kepada peserta didik, kemudian peserta didik mencari pasangan yang memiliki potongan kertas berkategori sama. Setelah itu peserta didik presentasi ke depan kelas bergantian 2) penerapan strategi pembelajaran card sort pada mata pelajaran PAI dalam aspek ibadah guru mengkombinasikan beberapa metode yaitu: metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, dan diakhiri dengan strategi pembelajaran card sort. 3) penerapan strategi pembelajaran card sort pada mata pelajaran PAI dalam aspek akhlak guru juga mengkombinasikan beberapa strategi pembelajaran diantaranya metode ceramah, metode hafalan, dan terakhir menggunakan strategi pembelajaran card sort.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 07:31
Last Modified: 29 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21237

Actions (login required)

View Item View Item