Pengembangan Kurikulum Pesantren (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018).

Hasanah, Uswatun (2018) Pengembangan Kurikulum Pesantren (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Uswatun Hasanah_084 131 461.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pesantren memang sudah saatnya harus membuka mata untuk melihat dunia luar. Perkembangan yang terjadi diluar harus diketahui dan diantisipasi. Keharusan ini meniscayakan kebutuhan pola kerjasama atara pesantren dengan institusi yang dianggap mampu memberikan kontribusi dan menciptakan nuansa tranformatif. Pola kerjasama ini dapat dilakukan dalam usaha pengembangan kurikulum pesantren agar dapat memberdayakan diri dalam menghadapi tantangan yang semakin komplek. Kurikulum sebagai media pembelajaran, memberikan makna terhadap proses pendidikan dan pembelajaran di lembaga pendidikan sehingga memungkinkan terjadi adanya saling interaksi antara pendidik dan peserta didik. Proses interaksi inilah sebenarnya yang akan mengantarkan pada pencapaian berbagai kompetensi. Untuk itu substansi kurikulum bukan sekedar terdiri atas sekumpulan pengetahuan atau informasi dan jejeran mata pelajaran, tetapi merupakan kajian secara integratif berbagai persoalan pendidikan dan pembelajaran dalam upaya mengantarkan peserta didik berkembang kecerdasannya. Oleh sebab itu, tampak bahwa kurikulum memiliki posisi sentral dalam keseluruhan proses pendidikan dan pembelajaran. Karena kurikulum mengantarkan segala aktivitas pendidikan dan pembelajaran pada tercapainya berbagai tujuan dan kompetensi yang telah ditetapkan. Di samping itu, kurikulum juga memberikan pedoman dan petunjuk tentang jenis, ruang lingkup dan proses pendidikan dan pembelajaran. Fokus masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan kurikulum di pondok pesantren Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana metode pelaksanaan kurikulum di pondok pesantren Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018? 3) Bagaimana evaluasi kurikulum di pondok pesantren Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan tentang perencanaan kurikulum di pondok pesantren Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018, 2) Untuk mendeskripsikan tentang metode pelaksanaan kurikulum di pondok pesantren Burhanul Abrar Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018, 3) Untuk mendeskripsikan tentang evaluasi kurikulum di pondok pesantren Burhanul Abrar Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskripif, dengan jenis penelitian field research. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) pondok pesantren Burhanul Abrar menganalisa kebutuhan, menentukan tujuan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan santri, wali santri, visi dan misi pondok pesantren, dana dan sarana prasarana yang dimiliki, Mencetak lulusan (alumni) yang siap pakai di masyarakat dan mampu menjawab tuntutan globalisasi. 2) Metode pelaksanaan kurikulum pondok pesantren menggunakan metode pembelajaran pesantren yang bersifat tradisional, yaitu metode pembelajaran yang diselenggarakan menurut kebiasaan yang telah lama dilaksanakan pada pesantren. Adapun metode pelaksanaan kurikulum di pondok pesantren Burhanul Abrar yaitu metode sorogan, wetonan, musyawarah, hafalan danm demonstrasi. 3) Evaluasi yang digunakan dalam menentukan tingkat keberhasilan suatu kegiatan belajar di pondok pesantren Burhanul Abrar i

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 29 Mar 2023 07:31
Last Modified: 29 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21239

Actions (login required)

View Item View Item