Sa'adah, Wasilatus (2018) Implementasi Program Muatan Lokal Baca Tulis AlQur’an dalam meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sucolor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso Tahun 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Wasilatus Sa’adah_ 084 131 425.pdf Download (6MB) |
Abstract
Implementasi Program Muatan Lokal Baca Tulis AlQur’an dalam meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sucolor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso TahuLembaga pendidikan merupakan salah satu wadah bagi anak untuk belajar memperoleh pengetahuan dan mengembangkan berbagai kemampuan dan keterampilan. Untuk itu pemerintah memasukkan program muatan lokal Baca Tulis Al-Qur’an ke dalam kurikulum sekolah, dan salah satu tujuan dari ranah kognitif mempelajari program muatan lokal Baca Tulis Al-Qur’an adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an siswa. Karena dengan adanya program ini maka siswa akan menjadi lebih memahami bagaimana cara membaca al-Qur’an yang baik dan benar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Program Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sucolor Tahun 2017? 2) Bagaimana Pelaksanaan Program Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sucolor Tahun 2017? 3) Bagaimana Evaluasi Program Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sucolor Tahun 2017? 4) Bagaimana Kemampuan Membaca AlQur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sucolor Tahun 2017?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Perencanaan Program Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sucolor Tahun 2017. Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Program Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sucolor Tahun 2017. Untuk mendeskripsikan evaluasi Program Muatan Lokal Baca Tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sucolor Tahun 2017. Untuk mendeskripsikan kemampuan membaca al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Sucolor Tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan Purposive sampling dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, display/penyajian data, dan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Perencanaan dilaksanakan tahun ajaran baru dengan diadakan rapat di bawah pengawasan kepala madrasah.2) Pelaksanaan program muatan lokal baca tulis al-Qur’an dilaksanakan setiap 1 minggu sekali bagi masing-masing kelas.3) Evaluasi program muatan lokal baca tulis al-Qur’an dilakukan dengan Tes tulis dan Tes unjuk kerja.4) kemampuan membaca al-Qur’an siswa menjadi sangat baik. Mereka menjadi paham bagaimana membaca al-Qur’an yang baik dan benar sesuai dengan tajwidnya, dan mereka juga bisa menghafal surat-surat yang dipelajarinyan 2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 29 Mar 2023 07:31 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 07:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21240 |
Actions (login required)
View Item |