Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Masyarakat Melalui kegiatan Majelis Taklim Da’watul Musyawarah Di Desa Jetis Besuki Situbondo.

Zaini, Ahmadi (2018) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Masyarakat Melalui kegiatan Majelis Taklim Da’watul Musyawarah Di Desa Jetis Besuki Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmadi Zaini_084 131 062.pdf

Download (24MB)

Abstract

Majelis taklim adalah sebuah lembaga atau institusi yang telah berjasa besar di dalam mengembangkan akan membina sikap keberagamaan masyarakat. kegiatan Majelis Taklim dalam menanamkan pendidikan agama Islam kepada masyarakat sekitar. Oleh karna itu dengan adanya Majlis Taklim Da’watul Musyawarah di Desa Jetis ini maka warga sekitar dapat lebih memahami kajian ilmu agama. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: (1). Bagaimana internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan sholawat di Majelis Taklim Da’watul Musyawarah Desa Jetis Besuki Situbondo. (2). Bagaimana internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan ceramah di Majelis Taklim Da’watul Musyawarah Desa Jetis Besuki Situbondo. Tujuan penelitian ini adalah: (1). Mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan sholawat di Majelis Taklim Da’watul Musyawarah Desa Jetis Besuki Situbondo. (2). Mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan ceramah di Majelis Taklim Da’watul Musyawarah Desa Jetis Besuki Situbondo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman dengan langkah-langkah antara lain koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitiannya adalah:(1). Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan sholawat di Majelis Taklim Da’watul Musyawarah merupakan proses kegiatan yang ada di dalam Majelis Taklim Da’watul Musyawarah, karena dengan memperbanyak bersholawat merupakan bagian dari pada bimbingan rohaniah. Sehingga di kalangan anggota Majelis Taklim Da’watul Musyawarah dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui kegiatan tersebut. Selain dari pada itu Majelis yang ada di desa jetis merupakan bagian dari salah satu kegiatan yang sangat positif untuk di internalisasikan khususnya dikalangan masyarakat, sehingga masyarakat dapat terhindar dari hal-hal yang buruk serta dijauhkan dari minum-minuman keras, maksiat, berjudi dan lain sebagainya. (2). Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui kegiatan ceramah di Majelis Taklim Da’watul Musyawarah merupakan kegiatan inti guna untuk mengarahkan dan membimbing anggota agar dapat memahami ilmu tentang nilai-nilai pendidikan agama Islam seperti aqidah, syari’ah, dan akhlak. Lebih dari itu nilai-nilai yang terkandung dalam kegiatan ceramah di Majelis Taklim Da’watul Musyawarah merupakan suatu kegiatan yang masif di masyarakat Jetis dalam hal mengikat tali silaturrahim sebagai asas sosialitas kemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:43
Last Modified: 30 Mar 2023 07:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21251

Actions (login required)

View Item View Item