Implementasi Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MA Nurul Huda Ranuyoso, Lumajang.

Rohmah, Aisyatur (2017) Implementasi Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MA Nurul Huda Ranuyoso, Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aisyatur Rohmah_084 133 082.pdf

Download (17MB)

Abstract

Kepala madrasah merupakan nahkoda dalam kehidupan madrasah, keberhasilan atau kegagalan suatu madrasah tergantung pada kualitas kepemimpinan kepala madrasah. Oleh karena itu, kepala madrasah dituntut untuk memiliki berbagai kemampuan, baik kemampuan keterkaitan dengan masalah manajemen maupun kepemimpinan, agar dapat mengembangkan dan memajukan sekolahnya secara efektif, efisien, mandiri, dan produktif. Berdasarkan pra research yang peneliti lakukan di MA Nurul Huda Ranuyoso, Lumajang masih ada beberapa guru yang tidak memenuhi kualifikasinya di antanya tidak lulus S1, mengajar tidak pada profesinya Fokus penelitian ini adalah:(1) Apa bentuk kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Nurul Huda Ranuyoso, Lumajang? (2) Bagaimana strategi kepala madrasah dalam merealisasikan kebijakan untuk meningkatkan profesionalisme guru tersebut? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat strategi kepala madrasah dalam merealisasikan kebijakan untuk meningkatkan profesionalisme guru tersebut? Tujuan penlitian ini adalah:(1) untuk mendeskripsikan bentuk kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MA Nurul Huda Ranuyoso, Lumajang. (2) untuk mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam merealisasikan kebijakan untuk meningkatkan profesionalisme guru di MA Nurul Huda Ranuyoso, Lumajang. (3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi kepala madrasah dalam merealisasikan kebijakan untuk meningkatkan profesionalisme guru di MA Nurul Huda Ranuyoso, Lumajang. Metode penelitian diawali dari pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: (1) bentuk kebijakan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru dengan mengadakan analisis kebutuhan guru, kemudian pelaksanaan pembinaan dengan cara berkala untuk mengikuti workshop, KKG, MGMP, serta studi banding ke sekolah lain. (2) strategi kepala madrasah dalam merealisasikan kebijakan untuk meningkatkan profesionalisme guru dengan cara menerapkan prinsip kedisiplinan terhadap guru serta mewajibkan guru mengajar seuai dengan profesinya. (3) faktor pendukung dan penghambatnya adalah memotivasi para guru dan juga memberikan beasiswa, short course Bahasa Inggris ke Pare Kediri, dan ongkos gratis ziarah wali songo. Sedangkan faktor penghambatnya adalah terbataasnya sumber dana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:42
Last Modified: 30 Mar 2023 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21252

Actions (login required)

View Item View Item