“Penerapan Nilai-Nilai Akhlak Tasawuf Melalui Kitab Hidayatul Adzkiya’ di Pondok Pesanten Raudatul Ulum Sumberwringin Sukowono Jember”

Slamet, Akhmad (2018) “Penerapan Nilai-Nilai Akhlak Tasawuf Melalui Kitab Hidayatul Adzkiya’ di Pondok Pesanten Raudatul Ulum Sumberwringin Sukowono Jember”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Akhmad Slamet _084 131 395.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pesantren adalah salah satu lembaga yang sampai saat ini masih dikenal dengan pembelajaran kitab kuning. Namun, tidak semua pesantren bisa menerapkan nilai-nilai akhlak tasawuf melalui kitab Hidayatul Adzkiya’ secara subtansial nilainilai akhlak tasawuf berorientasi padapentingnya siswa memiliki sikap dan perilaku positif terhadap diri dan orang lain. Metode dalam pembelajaran kitab kuning pada pesantren umumnya yaitu metode sorogan, wetonan, sistem pengajian wetona/badongan adalah pengajian yang dilakukan oleh seorang kiai yang di ikuti oleh santrinya dengan tampa batas umur atau ukuran tingkat kecerdasan. Dalam sistem ini, seorang kiai membacakan kitab, sementara para santri masing-masing memegang kitab sendiri dengan mendengarkan keterangan guru mengesahi atau memaknai kitab tersebut. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan nilai-nilai akhlak tasawuf bagi santri dengan taubat melalui kitab Hidayatul Adzkiya’ di pondok pesantren Raudatul Ulum Sumberwringin Sukowono Jember? 2) Bagimana penerapan nilai-nilai akhlak tasawuf bagi santri dengan sabar melalui kitab Hidayatul Adzkiya’ di pondok pesantren Raudatul Ulum Sumberwringin Sukowono Jember? 3) Bagaimana penerapan nilai-nilai akhlak tasawuf bagi santri dengan tawakkal melalui kitab Hidayatul Adzkiya’ di pondok pesantren Raudatul Ulum Sumberwringin Sukowono Jember? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan nilai-nilai akhlak tasawuf dengan taubat melalui kitab Hidayatul Adzkiya’ di pondok pesantren Raudatul Ulum sumberwringin sukowono Jember. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan nilai-nilai akhlak tasawuf dengan sabar melalui kitab Hidayatul Adzkiya’ di pondok pesantren Raudatul Ulum sumberwringin sukowono Jember. 3) Untuk mendeskripsikan penerapan nilai-nilai akhlak tasawuf dengan tawakkal melalui kitab Hidayatul Adzkiya’ di pondok pesantren Raudatul Ulum sumberwringin sukowono Jember. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif menggunakan penelitian lapangan. Tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dari data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta data dianalisis dengan teknik triangulasi sumber. Taubat menyesali perbuatan maksiat yang sudah terjadi, lalu mengarahkan hati kepada Allah, dengan cara berbanyak baca istighfar dan tasbih dalam setiap hari, juga memperbayak berbuat kebaikan kepada Allah dan sesama muslim lainnya. Sabar merupakan kecenderungan hati pada unsur kemalaikatan dalam diri dan mampu melawan dorongan-dorongan nafsu kebinatangan dan nafsu birahi. Tawakkal harus dimulai dengan pemahaman tentang pasrah kepada Allah, dengan cara melakukan usaha gerak batin yaitu baca tasbih istighfar kepada Allah, lalu menjadi penghayatan dan sikap yang terkondisi dalam pribadi manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:42
Last Modified: 30 Mar 2023 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21253

Actions (login required)

View Item View Item