Wafi, Abdul (2018) Penerapan Metode Wafa Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Di SDIT Harapan Umat JemberTahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Abdul Wafi_084 141 453.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran Al-Quran merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari- hari, karena Al-Quran merupakan wahana untuk meningkatkan dan membangun kualitas sumber daya manusia dalam beragama. Begitu juga dalam pembelajaran Al-Quran yang disertai dengan baca tulis Qur’an. Anak-anak dapat membaca serta menulis Al-Quran dengan benar dan menghafalkannya. Penggunaan metode belajar Al-Quran juga sangat mempengaruhi kemampuan anak, seperti metode wafa yang menggunakan otak kanan dalam proses pembelajarannya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Al-Quran menggunakan metode wafa dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al- Quran di SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Quran menggunakan metode wafa dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran di SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Al-Quran menggunakan metode wafa dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran di SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan perencanaan pembelajaran Al- Quran menggunakan metode wafa dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran di SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember, untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran Al-Quran menggunakan metode wafa dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran di SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember dan untuk mendiskripsikan evaluasi pembelajaran Al-Quran menggunakan metode wafa dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran di SDIT Harapan Umat (HARUM) Jember. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik penentuan informan atau subyek penelitian purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan obseravasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan metode wafa dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Quran di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Harapan Umat Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 meliputi pembentukan kelompok belajar, menentukan jadwal piket harian tiap kelompok, menentukan metode pembelajaran, dan menentukan sumber belajar. Materi wafa terdiri dari materi pokok yaitu buku tilawah wafa 1-5 dan materi tambahan tajwid, ghorib, dan buku tulis wafa. Alokasi Waktu untuk pembelajaran metode wafa dilakukan setiap hari di halaman sekolah. 2) Pelaksanaan metode wafa dalam meningkatkan baca tulis Al-Quran di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Harapan Umat Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 berpedoman sesuai dengan teori dan aturan pusat Wafa di Surabaya. Pelaksanaan urutan kegiatan pembelajaran secara umum yang dilakukan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran yaitu 5P yang berisi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. 3) Evaluasi metode wafa dalam meningkatkan baca tulis Al-Quran di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Harapan Umat Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 dilaksanakan meliputi 3 jenis evaluasi kemampuan yaitu evaluasi harian, evaluasi kenaikan buku, dan evaluasi akhir munaqosyah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050199 Ecological Applications not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 07:30 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 07:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21258 |
Actions (login required)
View Item |