Penerapan Shalat Dhuha dalam Menanamkan Kedisipinan Siswa-siswi MTs Negeri Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2016/2017.

Lukviana, Evit (2017) Penerapan Shalat Dhuha dalam Menanamkan Kedisipinan Siswa-siswi MTs Negeri Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Evit Lukviana_084131165.pdf

Download (3MB)

Abstract

MTs Negeri Pesanggaran ini merupakan lembaga yang termasuk favorit di Banyuwangi. Pendisiplinan siswa dengan pelaksanaan ibadah shalat dhuha sebelum KBM merupakan langkah yang tepat. Penerapan shalat dhuha dalam menanamkan kedisiplinan belum sepenuhnya memenuhi harapan, hal tersebut terlihat dari masih ada siswa yang melanggar peraturan, ada siswa yang datang terlambat ketika pelaksanaan shalat dhuha berlangsung dengan berbagai alasan, ada beberapa siswa yang tidak memakai peci sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan sekolah, kemudian ada yang ramai waktu pelaksanaan shalat dhuha dan lain sebagainya. Fokus dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan shalat dhuha dalam menanamkan kedisiplinan waktu sekolah siswa-siswi MTs Negeri Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi Tahun ajaran 2016/2017? 2) Bagaimana penerapan shalat dhuha dalam menanamkan kedisiplinan dalam berpakaian siswa-siswi MTs Negeri Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi Tahun ajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini yaitu? 1) Mendiskripsikan penerapan shalat dhuha dalam menanamkan kedisiplinan waktu sekolah siswa-siswi MTs Negeri Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi Tahun ajaran 2016/2017. 2) Mendiskripsikan penerapan shalat dhuha dalam menanamkan kedisiplinan dalam berpakaian siswa-siswi MTs Negeri Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi Tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan kualitatif dan jenis dekriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangualsi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Penerapan Shalat Dhuha dalam Menanamkan Kedisiplinan waktu sekolah siswa-siswi MTs Negeri Pesanggaran Tahun ajaran2016/2017 yaitu dilaksanakan. Penerapan shalat dhuha dengan penjadwalan mulai hari Senin, Selasa, Rabu dan Kamis. Untuk kedisiplinan waktu sekolah yaitu memberikan contoh dan teladan. 2) Penerapan shalat dhuha dalam menanamkan kedisiplinan dalam berpakaian siswa-siswi MTs Negeri Pesanggaran Tahun Ajaran 2016/2017. Kedisiplinaan dalam berpakaian melalui pengawasan dan kontrol kemudian dengan reward hukuman serta guru yang yang mengawasi siswa sebelum dan saat berlangsungnya kegiatan shalat dhuha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:30
Last Modified: 30 Mar 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21262

Actions (login required)

View Item View Item