“Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Untuk Peserta Didik Melalui Ekstrakulikuler Keagamaan (Bina Pribadi Islami) Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali Jember”.

Fuadah, Fikriyatul (2018) “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Untuk Peserta Didik Melalui Ekstrakulikuler Keagamaan (Bina Pribadi Islami) Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali Jember”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fikriyatul Fuadah_084141071.pdf

Download (4MB)

Abstract

Problematika yang terjadi dalam sebuah lembaga pendidikan tentunya sangat beragam, terutama untuk membentuk para peserta didiknya menjadi pribadi yang unggul serta mempunyai perilaku yang sesuai dengan syariat. Tidak hanya masalah secara umum saja yang perlu untuk dijaga, namun yang berkaitan dengan ketentuan agama sedini mungkin juga harus dibiasakan dalam aktivitas seharihari. Masalah tersebut tentunya juga memberi dampak yang kurang baik pada perkembangan belajar peserta didik selama disekolah. Beberapa kebiasaankebiasaan kecil yang tidak segera diatasi kemungkinan akan dapat membuat masalah yang lebih besar dan fatal. Sedangkan pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP) ini mayoritas peserta didiknya adalah ketika seorang anak yang mulai memasuki masa remaja, dimana antara usia 12-22 tahun bisa dikategorikan masa yang sangat mudah untuk dipengaruhi oleh faktor internal maupun ekstenal. Ketika pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi khususnya pada tahap remaja ini tidak adanya pendampingan sekaligus kontrol dari seseorang yang lebih dewasa seperti orang tua ataupun guru, maka bisa saja kemungkinan terjadi suatu pelanggaran dari aturan yang telah ada. Tentunya setiap lembaga selalu berupaya untuk melakukan hal tersebut salah satunya di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali atau yang lebih dikenal dengan SMPIT Al-Ghozali Jember yang mempunyai salah satu kegiatan yaitu Bina Pribadi Islami (BPI) merupakan salah satu dari kegiatan program pembinaan kepribadian yang ditujukan untuk peserta didik dalam rangka sebagai penguatan karakter religius dalam dirinya Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana cara penanaman nilai Aqidah untuk peserta didik melalui ekstrakulikuler keagamaan (Bina Pribadi Islami) di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali Jember?; 2) Bagaimana cara penanaman nilai Ibadah untuk peserta didik melalui ekstrakulikuler keagamaan (Bina Pribadi Islami) di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali Jember?; 3) Bagaimana cara penanaman nilai Akhlak untuk peserta didik melalui ekstrakulikuler keagamaan (Bina Pribadi Islami) di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali Jember?. Sedangkan tujuan penelitian adalah: untuk mendeskripsikan carapenanaman nilai Aqidah, nilai Ibadah dan nilai Akhlak untuk peserta didik melalui ekstrakulikuler keagamaan (Bina Pribadi Islami) di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitiannya adalah field research yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data dan informasi yang diperoleh langsung dari responden dan mengamati secara langsung tugas-tugas yang berhubungan sesuai dengan prosedurnya. Adapun teknik pengumpulan. datanya mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan datanya peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Cara penanaman nilai aqidah pada kegiatan BPI tersebut melalui ruqyah mandiri, penyampaian materi, menampilkan vidio atau film, kultum, dan beberapa aktivitas kecil seperti ziarah kubur dan sebagainya. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang tertanam dalam bentuk nilai aqidah untuk peserta didik di SMPIT Al-Ghozali melalui ekstrakulikuler keagamaan Bina Pribadi Islami (BPI) yakni nilai keimanan yang berupa ruqyah mandiri dan nilai keteladanan yang berupa penyampaian materi, menampilkan video atau film, kultum dan ziarah kubur; 2) Cara penanaman nilai Ibadah pada kegiatan BPI yang telah dilakukan SMPIT Al-Ghozali adalah melalui keteladanan guru, shalat berjamaah dan membaca al-Qur’an. Dengan demikian nilai-nilai pendidikan Islam yang tertanam dalam bentuk nilai Ibadah untuk peserta didik melalui ekstrakulikuler keagamaan Bina Pribadi Islami (BPI) yakni nilai istiqomah yang berupa keteladanan guru dan nilai disiplin yang berupa shalat berjama’ah dan membaca al-Qur’an; 3) Cara penanaman nilai akhlak pada kegiatan BPI tersebuti dengan khusyu’ ketika melaksanakan shalat, menghargai perbedaan dan pendapat orang lain ketika diskusi, bakti sosial atau saling membantu sama lain dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Dengan demikian nilai-nilai pendidikan Islam yang tertanam dalam bentuk nilai Akhlak untuk peserta didik melalui ekstrakulikuler keagamaan Bina Pribadi Islami (BPI) yakni kepedulian sosial yang berupa bakti sosial atau saling tolong-menolong satu sama lain dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan nilai toleransi yang berupa khusyu’ dalam melaksakan shalat, menghargai perbedaan serta menghargai pendapat orang lain ketika berdiskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:30
Last Modified: 30 Mar 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21264

Actions (login required)

View Item View Item