Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk membentuk kesadaran beragama narapidana di Lapas Kelas II A Jember Tahun 2017/2018

Khotimah, Khusnul (2018) Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk membentuk kesadaran beragama narapidana di Lapas Kelas II A Jember Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khusnul Khotimah_ 084 141 553.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap manusia mempunyai kesalahan, terkecuali utusan-Nya yang telah diberi sifat ma’shum (terjaga dari dosa). Kesalahan dan lupa yang menjadi kelemahan seseorang yang dapat diminimalisir dengan membiasakan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, tidak terkecuali di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jember. Narapidana yang sempat terjerumus ke dalam pergaulan bebas seperti narkoba, miras, pelecehan seksual dan sebagainya tetap mempunyai kesempatan yang sama untuk memperbaiki diri. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) bagaimana bentuk Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk membentuk kesadaran beragama narapidana di Lapas Kelas II A Jember Tahun 2017/2018? 2) bagaimana cara Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk membentuk kesadaran beragama narapidana di Lapas Kelas II A Jember Tahun 2017/2018? 3) bagaimana faktor pendukung dan penghambat Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk membentuk kesadaran beragama narapidana di Lapas Kelas II A Jember Tahun 2017/2018?. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumenter. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, sedangkan untuk menentukan keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Bentuk internalidasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam terhadap narapidana untuk membenuk kesadaran beragama di Lapas Kelas II A Jember yaitu: pengajian umum, tahfidz al-qur’an, sholat dhuha, hadrah (musik santri), dan seaman al-qur’an. 2) cara internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam terhadap narapidana untuk membentuk kesadaran beragama di Lapas Kelas II A Jember antara lain: a) Pengajian Umum dilakukan dengan cara di kumpulkan dalam masjid dan di halaman masjid. b) Tahfidzul Qur’an, dilakukan setiap hari selasa, rabu dan kamis dengan cara setoran dan murojaah (mengulang kembali). c) Sholat Dhuha, dilakukan setiap hari dengan cara berjamaah di Masjid yang di dampingi oleh koordinator kegiatan. d) Hadroh (musik santri) dilakukan dengan cara seluruh pemain hadroh atau musik santri berkumpul di depan kamar tahanan setiap kamis dan acara peringatan hari besar Islam (PHBI). e) Semaan Al-Qur’an, dilakukan dengan cara membaca Al-Qur’an dengan bergantian dan yang lain menyimak bacaannya. 3) Faktor pendukung penghambat internalisasi nilai-nilai agama islam terhadap narapidana untuk membenuk kesadaran beragama di Lapas Kelas II A Jember: a) faktor pendukung, sarana dan prasarana yang memadai, semangat narapidana dalam mengikuti kegiatan, semangat tenaga pengajar. b) faktor penghambat, kurangnya tenaga pengajar dan narapidana sangat banyak, Sulitnya pihak lapas untuk membuat narapidana baru untuk mengikuti kegiatan keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:30
Last Modified: 30 Mar 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21268

Actions (login required)

View Item View Item