“Peran Pesantren Nurul Huda Dalam Mengatasi Gangguan Kejiwaan di Dusun Curahwaru Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2017”

Farouk, Mochamad (2018) “Peran Pesantren Nurul Huda Dalam Mengatasi Gangguan Kejiwaan di Dusun Curahwaru Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2017”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mochamad Farouk_084 131 373.pdf

Download (23MB)

Abstract

Pesantren adalah lembaga pendidikan tradisional Islam untuk mempelajari, memahami, mendalami, menghayati, dan mengamalkan ajaran Islam dengan menekankan pentingnya moral keagamaan sebagai pedoman sehari-hari. Ketertarikan peneliti untuk meneliti di Pesantren Nurul Huda adalah adanya gejala-gejala gangguan psikis yang terjadi pada zaman modern, yang mana pesantren-pesantren lain melayani santri normal pada umumnya namun pesantren Nurul Huda dengan sistem pendidikan islamnya menampung dari berbagai gejalagejala gangguan psikis tersebut. Berdasarkan latar tersebut, maka fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran pesantren Nurul Huda sebagai lembaga pendidikan dalam mengatasi gangguan kejiwaan di Dusun Curahwaru Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2017? 2) Bagaimana peran pesantren Nurul Huda sebagai lembaga sosial dalam mengatasi gangguan kejiwaan di Dusun Curahwaru Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2017? 3) Bagaimana peran pesantren Nurul Huda sebagai lembaga penyiaran agama Islam dalam mengatasi gangguan kejiwaan di Dusun Curahwaru Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2017? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peran pesantren Nurul Huda sebagai lembaga pendidikan dalam mengatasi gangguan kejiwaan di Dusun Curahwaru Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2017. 2) Untuk mendeskripsikan peran pesantren Nurul Huda sebagai lembaga sosial dalam mengatasi gangguan kejiwaan di Dusun Curahwaru Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2017. 3) Untuk mendeskripsikan peran pesantren Nurul Huda sebagai lembaga penyiaran agama Islam dalam mengatasi gangguan kejiwaan di Dusun Curahwaru Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember Tahun 2017. Penelitian menggunakan jenis penelitian Kualitatif, Pendekatan penelitian adalah Grounded Theory. Dengan Lokasi penelitian di Pesantren Nurul Huda Dusun Curahwaru Desa Gambirono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Subyek penelitian dengan menggunakan sumber data Primer (Informan) dan sekunder (Literatur). Teknik pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data secara interaktif model Milles dan Hubberman dengan langkah-langkah Reduksi data, Penyajiyan data, dan Verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Tahap penelitian ada 3 yaitu tahap pra lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Peran pesantren Nurul Huda sebagai lembaga pendidikan dalam mengatasi gangguan kejiwaan di pesantren nurul huda adalah pesantren menyelenggarakan pendidikan non formal yang secara khusus mengajarkan agama kepada pasien yang sudah sembuh, ataupun kepada masyarakat setempat yang ingin belajar di pesantren. Seperti, fiqh dan.tauhid. 2) Peran pesantren nurul huda sebagai lembaga sosial dalam mengatasi gangguan kejiwaan yaitu menerima pasien yang berasal dari daerah manapun tanpa melihat status sosial ataupun keadaan ekonominya. 3) Peran pesantren nurul huda sebagai lembaga penyiar agama dalam mengatasi gangguan kejiwaan yaitu penggunaan fasilitas pesantren seperti mushollah atau masjid sebagai sarana ibadah masyarakat umum ataupun santri dan pasien yang sudah sembuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:30
Last Modified: 30 Mar 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21270

Actions (login required)

View Item View Item