Konsep Dakwah Melalui Pengobatan Alternatif Oleh Ustadz Abdul Kholil Di Kecamatan Balung Kabupaen Jember.

Hannan, Abd. (2016) Konsep Dakwah Melalui Pengobatan Alternatif Oleh Ustadz Abdul Kholil Di Kecamatan Balung Kabupaen Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ABD. HANNAN_082 091 024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Persoalan dakwah tidak bisa terlepas dengan persoalan realita yang terjadi dalam masyarakat, karena tidak selamanya proses dakwah akan berjalan dengan baik. Sehingga diperlukan perencanaan yang matang, agar pesan-pesan dakwah atau tujuan dari dakwah bisa diterima oleh mad’u. Oleh karena itu sejalan dengan perkembangan zaman yang semakin pesat ini, kegiatan dakwah memerlukan sebuah strategi yang jitu dan konsep yang jelas. Salah satunya ialah melalui pengobatan alternatif, yang ternyata ada sebuah pengobatan yang dalam perkembangannya didasari oleh semangat untuk menjalankan kembali ajaranajaran Islam. Semangat untuk mempromosikan ajaran Islam dalam bidang pengobatan kepada masyarakat inilah yang dapat menjadi motivasi untuk terus bertahan dan berkembang dan dilakukan secara ikhlas semata. Untuk itu dilakukan penelitian mengenai konsep dakwah melalui pengobatan alternatif. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana Konsep Dakwah melalui pengobatan alternatif oleh Ustadz Abdul Kholil di Kecamatan Balung Kabupaten Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan secara komprehensif konsep dakwah melalui pengobatan alternatif oleh Ustadz Abdul Kholil di Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, pengamatan dan dokumentasi. Untuk jenis penelitiannya menggunakan field research, dimana Peneliti terjun langsung ke lapangan, untuk meneliti subyek penelitian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penyajian data analisis deskriptif, kemudian keabsahan datanya menggunakan tringulasi data. Hasil Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa konsep dakwah yang dilakukan melalui pengobatan alternatif oleh Ustadz Abdul Kholil di Kecamatan Balung Kabupaten Jember adalah benar –benar sesuai dengan koridor Islam. Dimana dalam pelaksanaannya mengacu pada sunnah Rasul, dan tidak mengandung tindakan–tindakan syirkiyyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:30
Last Modified: 30 Mar 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21271

Actions (login required)

View Item View Item