Penerapan Program Kelas Unggulan dalam Meningkatkan Keberhasilan Pembelajran Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Ro'uf, Moh Abdur (2018) Penerapan Program Kelas Unggulan dalam Meningkatkan Keberhasilan Pembelajran Pendidikan Agama Islam di SMP Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh Abdur Ro’uf_084 131 240.pdf

Download (4MB)

Abstract

Program kelas unggulan sangat penting bagi keberhasilan belajar siswa. Karena program kelas unggulan bertujuan untuk membina siswa dalam mengembangkan kecerdasan, kemampuan, keterampilan, dan potensinya seoptimal mungkin sehingga memilki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang terbaik sebagaimana semangat konsep wawasan keunggulan. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas unggulan dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas unggulan dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas unggulan dalam meningkatkan keberhasilan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Nurul Islam Jember? Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Dalam penentuan subyek data penelitian ini menggunakan Purposive sampling, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan). Keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan data. Hasil penelitian ini yaitu, 1) Perencanaan Pembelajaran pendidikan agama Islam dalam program kelas unggulan di sekolah menengah pertama Nurul Islam Jember, guru harus melakukan perencanaan pembelajaran di kelas unggulan dengan beberapa kegiatan yaitu: a) memahami silabus, b) menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, c) membuat program semester, dan d) membuat program tahunan. 2) Pelaksanaan Pembelajaran pendidikan agama Islam dalam program kelas unggulan di sekolah menengah pertama Nurul Islam Jember, yaitu mengacu pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang dijabarkan dalam 5 lingkup materi pelajaran yakni aqidah, akhlak, al-qur’an hadist, fiqh, dan tarikh dengan menggunakan beberapa metode yaitu metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. 3) Evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam program kelas unggulan di sekolah menengah pertama Nurul Islam Jember yaitu dalam 3 aspek yakni, kognitif (nilai harian, mid semester, dan akhir semester), afektif (nilai sikap spiritual dan sikap sosial), psikomotorik (nilai projek, nilai produk, dan portofolio), hafalan, hasil pekerjaan rumah, dan evaluasi praktik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:30
Last Modified: 30 Mar 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21272

Actions (login required)

View Item View Item