Program Rehabilitasi Mangrove Organisasi Panama dalam Membentuk Akhlak Kepada Lingkungan di Pesisir Pantai Pancer Puger, Jember Tahun 2017/2018.

Kafi, Moh iqbal Abdullah (2018) Program Rehabilitasi Mangrove Organisasi Panama dalam Membentuk Akhlak Kepada Lingkungan di Pesisir Pantai Pancer Puger, Jember Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh Iqbal Abdullah Kafi_084 131 125.pdf

Download (6MB)

Abstract

Di Desa Mojomulyo Kecamatan Puger Kabupaten Jember terdapat sebuah Organisasi yang bernama Organisasi Panama, Organisasi ini bergerak dalam bidang pelestarian Alam yang khususnya pada ekosistem tanaman mangrove, salah satunya dengan pemberdayaan relawan mangrove. Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Perencanaan Program Rehabilitasi Mangrove Organisasi Panama dalam membentuk akhlak kepada lingkungan di Pesisir Pantai Pancer Puger, Jember Tahun 2017/2018? Bagaimana Pelaksanaan Program Rehabilitasi Mangrove Organisasi Panama dalam membentuk akhlak kepada lingkungan di Pesisir Pantai Pancer Puger, Jember Tahun 2017/2018? Bagaimana Evaluasi Program Rehabilitasi Mangrove Organisasi Panama dalam membentuk akhlak kepada lingkungan di Pesisir Pantai Pancer Puger, Jember Tahun 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) Perencanaan Program Rehabilitasi Mangrove Organisasi Panama dalam membentuk akhlak kepada lingkungan yaitu dengan Perencanaan Program pengambilan benih mangrove dan pembibitan benih mangrove yang di dalamnya membentuk akhlak kepada lingkungan. 2) Pelaksanaan Program Rehabilitasi Mangrove Organisasi Panama dalam membentuk akhlak kepada lingkungan yaitu dengan Pelaksanaan Program pembuatan lokasi penanaman mangrove dan penanaman mangrove yang di dalamnya membentuk akhlak kepada lingkungan relawan mangrove Yakni berupa perilaku saling tolong menolong antar relawan dengan relawan yang lainnya, menjaga Ukhuwah Islamiyah dan hubungan yang baik dengan masyarakat serta merawat dan menjaga kelestarian alam dan kasih sayang dan kepedulian terhadap alam dan melestarikan lingkungan. 3) Evaluasi Program Rehabilitasi Mangrove Organisasi Panama dalam membentuk akhlak kepada lingkungan yaitu dengan Evaluasi Program Rehabilitasi mangrove yang didalamnya berupa kegiatan penyulaman dan pemeliharaan tanaman mangrove. Pembentukan akhlak kepada lingkungan tersebut yakni berupa merawat dan menjaga kelestarian alam dan kasih sayang dan kepedulian terhadap alam dan melestarikan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:31
Last Modified: 30 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21274

Actions (login required)

View Item View Item