Muzeni, Moh (2018) Penerapan Sistem Poin pada Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di SMP Darul Lughah Wal Karomah Tahun Pelajaran 2017/2018 Kraksaan Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Moh. Muzeni_084 131 356.pdf Download (26MB) |
Abstract
Bimbingan dan konseling merupakan upaya pengembangan seluruh aspek kepribadian siswa, pencegahan terhadap timbulnya masalah yang akan menghambat perkembangannya dan menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya, baik sekarang maupun masa yang akan dating. Upaya mewujudkan program tersebut, bimbingan harus dapat membantu mempermudah siswa mengembangkan seluruh aspek kepribadiannya seoptimal. Sekolah harus membuat hukuman positif yang efeknya tetap membuat jera para pelanggar tata tertib sekolah. Salah satunya dengan menerapkan sistem poin yang diprogramkan oleh konselor. Setiap kesalahan atau pelanggaran dikenakan poin yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kesalahannya Berdasarkan latar belakang di atas, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Perencanaan penerapan sistem poin pada Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMP Darul Lughah Wal Karomah tahun pelajaran 2017/2018 2) Bagaimana strategi penerapan sistem poin pada Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMP Darul Lughah Wal Karomah tahun pelajaran 2017/2018 3) Bagaimana hasil penerapan sistem poin pada Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMP Darul Lughah Wal Karomah tahun pelajaran 2017/2018 Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan penerapan sistem poin pada Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMP Darul Lughah Wal Karomah tahun pelajaran 2017/2018 2) Mendeskripsikan strategi penerapan sistem poin pada Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMP Darul Lughah Wal Karomah tahun pelajaran 2017/2018 3) Mendeskripsikan hasil penerapan sistem poin pada Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMP Darul Lughah Wal Karomah tahun pelajaran 2017/2018 Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan dalam penelitian ini menggunakan purposive yang dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Keabsahan datanya menggunakan metode validitas triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Langkah-langkah yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Perencanaan penerapan sistem poin pada Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMP Darul Lughah Wal Karomah tahun pelajaran 2017/2018 yaitu menyusun layanan dan koordinasi program penerapan sistem poin, misal menyusun rencana tata tertib siswa (RT2S) dan rencanan bobot poin sswa (RBSP). (2) Strategi pelaksanaan penerapan sistem poin pada Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMP Darul Lughah Wal Karomah tahun pelajaran 2017/2018 yaitu strategi himpunan data dan layanan Bimbingan, Artinya proses ini dilaksanakan dengan mendatangi langsung ke kelas-kelas dan mencatat siswa yang absen. (3) Hasil penerapan sistem poin pada Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik di SMP Darul Lughah Wal Karomah tahun pelajaran 2017/2018 yaitu adanya peningkatan kedisiplinan belajar peserta didik dilihat dari raport bobot poin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 07:36 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 07:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21277 |
Actions (login required)
View Item |