Inovasi Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Pekauman Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018

Susanto, Aris (2018) Inovasi Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Pekauman Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aris Susanto_084141163.pdf

Download (5MB)

Abstract

Inovasi pembelajaran Akidah Akhlak merupakan suatu ide, produk, informasi teknologi, kelembagaan, perilaku, nilai-nilai, atau praktek-praktek baru yang belum banyak diketahui, dan digunakan atau diterapkan oleh sebagian besar lembaga pendidikan yang dapat mendorong terjadinya perubahan yang lebih baik, baik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam maupun mata pelajaran umum. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Inovasi Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs Bustanul Ulum? 2) Bagaimana Karakteristik Inovasi Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs Bustanul Ulum? Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif, penelitian ilmiah dengan menyandarkan kebenaran pada pendidikan kriteria ilmu empiris yang berusaha untuk mengeksplorasi, mendeskripsikan, menjelaskan dan memprediksi kejadian-kejadian pada setting sosial. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara yang mendalam, observasi secara pertisipatif, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) Inovasi Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs Bustanul Ulum, pendidik membuat RPP dan mencatumkan strategi dan metode pembelajaran tanya jawab, jigsaw, mind maping, diskusi dan ceramah dalam komponen RPP dan pendidik memerintahkan peserta didik agar membawa kertas manila sebagai alat pembelajaran. 2) Karakteristik Inovasi Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs Bustanul Ulum, pendidik mengikuti RPP dalam pelaksanaan inovasi pembelajaranAkidah Akhlak, Pendidik mengkolaborasikan metode pembelajaran mind mapping dengan diskusi dan tanya jawab, terkadang jigsaw dengan ceramah, dan terkadang ceramah dengan tanya jawab dan diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:36
Last Modified: 30 Mar 2023 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21278

Actions (login required)

View Item View Item