Penerapan punishment dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa melalui program Green Environment di MTs SA Miftahul Ulum Curahkalong Bangsalsari Jember tahun ajaran 2017/2018

Salam, Mohamad (2017) Penerapan punishment dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa melalui program Green Environment di MTs SA Miftahul Ulum Curahkalong Bangsalsari Jember tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohamad Salam_084 121 112.pdf

Download (24MB)

Abstract

Punishment (hukuman edukatif) merupakan alat pendidikan yang strategis dan tepat untuk dijadikan alat pembelajaran. Wacana ini berangkat dari banyaknya kritikan yang diarahkan terhadap guru, dimana guru dalam memberikan suatu hukuman terhadap peserta didik banyak yang tidak bersifat mendidik. Maka sebagai konsekuensinya, lembaga pendidikan diharapkan mampu melakukan inovasi tentang desain bentuk hukuman. Salah satunya yaitu menjadikan punisment sebagai alat untuk membentuk karakter peduli lingkungan bagi siswa Fokus penelitian ini adalah: 1), bagaimana penerapan punishment secara preventif dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa melalui program Green Environment di MTs Miftahul Ulum Curahkalong Bangsalsari Jember tahun ajaran 2017/2018? 2), bagaimana penerapan punishment secara represif dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa melalui program Green Environment di MTs Miftahul Ulum Curahkalong Bangsalsari Jember tahun ajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di MTs SA Miftahul Ulum Curah Kalong Bangsari Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini menghasilkan: 1), penerapan punishment secara preventif dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa melalui program Green Environmet di MTs SA Miftahul Ulum Curah Kalong Bangsalsari dilakukan dengan: a), membuat peraturan secara tertulis tentang tata tertib dalam menjaga lingkungan madrasah. b), pembelajaran tidak saja bersifat teoritis, melainkan dipadukan dengan pembelajaran yang bersifat praktis melalui dua bentuk kegiatan pembiasaan yaitu kegiatan pembiasaan secara terjadwal dengan mengadakan kegiatan Sabtu Berseri (Sabtu Bersih, Sehat dan Beriman) yang diadakan satu kali dalam seminggu yaitu hari sabtu pagi dan kegiatan pembiasaan secara rutinitas yaitu kegiatan pembiasaan piket antar kelas yang diadakan tiap pagi sebelum dimulai kegiatan belajar mengajar oleh para siswa sesuai tugasnya masingmasing. 2), penerapan punishment secara represif dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa melalui program Green Environmet di MTs SA Miftahul Ulum Curah Kalong Bangsalsari dilakukan dengan cara: a), memberi peringatan secara bertahap, mulai dari memberi teguran spontan sampai pada pemberian peingatan yang tegas. b), pemberian sanksi dilakukan dengan memberi kegiatan yang positif dan kontributif bagi lingkungan madrasah, yaitu, membersihkan ruang kelas, menyapu halaman madrasah, membersihkan rumput, membuang sampah, membersihkan saluran selokan, sampai pada membawa tanaman atau pepohonan ke madrasah untuk ditanam dilingkungan madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:37
Last Modified: 30 Mar 2023 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21283

Actions (login required)

View Item View Item