Peran Forum Pengajian Anjangsana dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Arjasa Jember.

Masruroh, Dewie (2018) Peran Forum Pengajian Anjangsana dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Arjasa Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DEWIE MASRUROH_084 141 470.pdf

Download (4MB)

Abstract

Karakter religius merupakan usaha aktif untuk membentuk suatu sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Seseorang dapat dikatakan memiliki karakter religius ketika telah mentaati ajaran agama yang dianutnya dan dapat menjalin hubungan yang baik dengan pemeluk agama lain. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah 1) Bagaimana peran forum pengajian anjangsana dalam membentuk sikap kepatuhan ibadah peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Arjasa Jember? 2) Bagaimana peran forum pengajian anjangsana dalam membentuk sikap toleransi terhadap pelaksanaan ibadah agama lain di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Arjasa Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan peran forum pengajian anjangsana dalam membentuk sikap kepatuhan ibadah peserta didik di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Arjasa Jember. 2) Mendeskripsikan peran forum pengajian anjangsana dalam membentuk sikap toleransi terhadap pelaksanaan ibadah agama lain di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Arjasa Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik penentuan informan penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain : 1) Pembentukan sikap kepatuhan ibadah peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Arjasa Jember melalui forum pengajian anjangsana. Dalam kegiatan forum pengajian anjangsana terdapat serangaian kegiatan yag membentuk sikap kepatuhan ibadah peserta didik berupa membaca Al-Qur’an dan ceramah yang berkaitan dengan shalat dhuha dan shalat dhuhur. Sikap kepatuhan ibadah berupa shalat dhuha dan shalat dhuhur terlihat pada kegiatan di sekolah. Sikap kepatuhan ibadah peserta didik dibangun dalam pembiasaan untuk memunculkan budaya yang taqwa kepada Allah SWT. 2) Pembentukan sikap toleransi terhadap pelaksanaan ibadah agama lain peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Arjasa Jember melalui forum pengajian anjangsana. Forum pengajian anjangsana mampu berperan dalam membentuk sikap toleransi peserta didik terhadap pelaksanaan ibadah umat beragama lain. Dalam hal ini dapat dilihat dari peserta didik non muslim yang mau menghadiri acara pengajian dan peserta didik muslim yang mau menerima dengan tangan terbuka kehadiran peserta didik non muslim pada acara pengajian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:37
Last Modified: 30 Mar 2023 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21286

Actions (login required)

View Item View Item