Penerapan Metode Belajar Mengaji ‘Allimna di TPQ Umdatus Salam Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Khoiriyah, Muti'atul (2018) Penerapan Metode Belajar Mengaji ‘Allimna di TPQ Umdatus Salam Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muti’atul Khoiriyah_084 131 207.pdf

Download (4MB)

Abstract

Taman Pendidikan Al-Qur’an menyelenggarakan pendidikan non formal yang bertujuan untuk memberikan pengajaran membaca Al-Qur’an sejak usia dini. Al-qur’an merupakan firman Allah yang mengandung petunjuk dan memberi bimbingan kepada umat manusia didalam menempuh perjalanan hidup, agar selamat dunia dan akhirat. Metode ‘Allimna merupakan panduan membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an yang disusun berdasarkan tingkatan pembelajaran Al-Qur’an dari mengenal huruf hijaiyyah. Untuk itulah, tiada ilmu yang lebih utama untuk dipelajari oleh seorang muslim melebihi keutamaan mempelajari Al-Qur’an. Begitu sangat pentingnya peranan seorang guru dalam mengajarkan Al-Qur’an, sehingga Allah memberikan pujian yang terbaik kepada orang yang belajar dan mengajarkan Al-Qur’an. TPQ Umdatus Salam adalah salah satu TPQ yang berada di Desa Andongsari yang menggunakan metode ‘Allimna, dengan menggunakan metode ini TPQ Umdatus Salam berkembang pesat sampai sekarang dengan jumlah santri yang kurang lebih 160 santri. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode belajar mengaji ‘Allimna di Taman Pendidikan Al-Qur’an Umdatus Salam Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 ?. 2) Apa saja kendala penerapan metode belajar mengaji ‘Allimna di Taman Pendidikan AlQur’an Umdatus Salam Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 ?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode belajar mengaji ‘Allimna di Taman Pendidikan Al-Qur’an Umdatus Salam Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mendeskripsikan kendala penerapan metode belajar mengaji ‘Allimna di Taman Pendidikan Al-Qur’an Umdatus Salam Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Penerapan metode belajar mengaji ‘Allimna di Taman Pendidikan Al-Qur’an ialah Seorang guru dalam menerapkan pembelajaran Al-Qur’an harus menguasai dalam bentuk apapun, harus lebih profesional dalam memilih strategi ataupun dalam memilih media. 2) Kendala dalam penerapan metode belajar mengaji ‘Allimna di Taman Pendidikan Al-Qur’an pada pembelajaran jilid 1 sebagai pemula anak usia dini dalam belajar mengaji sudah diajarkan huruf bersambung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:37
Last Modified: 30 Mar 2023 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21287

Actions (login required)

View Item View Item