Faiqoh, Elok (2018) Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning dalam Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nuris Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Elok Faiqoh_084 141 480.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh guru dengan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar yaitu dalam hal membimbing, membantu dan mengarahkan peserta didik agar memiliki pengalaman belajar sehingga terjadi proses perubahan perilaku ke arah yang lebi baik. Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning dalam Pendidikan Agama Islam adalah penerapan suatu proses interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam mengkaji isi buku yang bertuliskan Arab, yang berbentuk lebaran-lembaran serta membahas tentang literatur keislaman yang dilakukan secarara sadar dalam menyiapkan pribadi muslim untuk mengenal, memahami, menghayati serta mengimani ajaran agama Islam di Madrasah Tsanawiyah, khususnya sebagaimana yang di terapkan di MTs Unggulan Nuris Jember. Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab kuning dalam pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2017/2018?; 2). Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dalam pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2017/2018?; 3). Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab kuning dalam pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research). Adapun lokasi penelitian ini adalah di Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Unggulan Nuris Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Penelitian ini menghasilkan: 1). Perencanaan pembelajaran kitab kuning dalampendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2017/2018 meliputi pemetaan KI, KD dan indikator, penyusunan ProgramTahunan (Prota), Program smester (Promes), silabus dan Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dalam penyusunan RPP kitab Kuning di MTs Unggulan Nuris sama seperti RPP pada umumnya yang membedakan dari RPP ini hanya pada sumber belajar yang digunakan yakni dengan menggunakan sumber belajar kitab Kuning yaitu Kitab Taqrib yang mana kitab tersebut di ajarkan pada kelas Tujuh, Delapan hingga kelas Sembilan. Sedangkan kitab Sarah Aqidatul Awam hanya di ajarkan pada kelas Tujuh. 2). Pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dalam pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2017/2018 dilakukan dengan memilih materi pembelajaran, dimana materi pembelajaran pada mata pelajaran kitab kuning merupakan materi yang mudah dipahami siswa dan dihubungkan dengan konteks kehidupan sehari-hari, pemilihan strategi pembelajaran yang interaktif yang dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas, pemilihan media dan sumber pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan dan keadaan digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix madrasah. Pembelajaran kitab Taqrib bab taharah sampai dengan bab jual beli di ajarkan pada peserta didik kelas VII pada hari senin, bab jual beli sampai dengan tarikus shalah untuk Kelas VIII pada hari Rabu dan bab jihad sampai dengan umahatul awlad untuk kelas IX pada hari selasa. Sedangkan untuk kitab Sarah Aqidatul Awam hanya di ajarkan di kelas VII setiap hari Kamis dan Jum’at. 3). Evaluasi pembelajaran kitab kuning dalam pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nuris Jember tahun pelajaran 2017/2018 dilakukan dengan menggunakan evaluasi formatif, sumatif dan diagnostik, dengan tetap terfokus pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Adapun evaluasi dilakukan di akhir pelajaran, tengah semester, akhir semester serta pemberian pertanyaan pada saat pelajaran berlangsung guna mengetahui kesulitan ataupun tingkat pemahaman yang telah dicapai oleh peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 07:37 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 07:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21288 |
Actions (login required)
View Item |