Pembelajaran Kitab Nubdzatul Bayan Pada Program Akselerasi Baca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember Tahun 2017-2018

Sholihah, Erna Wirdatus (2018) Pembelajaran Kitab Nubdzatul Bayan Pada Program Akselerasi Baca Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember Tahun 2017-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ERNA WIRDATUS SHOLIHAH_084 141 370.pdf

Download (6MB)

Abstract

Program Akselerasi baca kitab kuning dengan menggunakan kitab Nubdzatul Bayan merupakan sebuah program yang ada di pesantren Bustanul Ulum Bulugading guna mempercepat santri dalam membaca, menterjemah dan memahami kitab kuning. Dalam implementasinya pembelajaran kitab Nubdzatul Bayan ini dilaksanakan setiap hari selama empat kali tatap muka dengan metode yang bervariasi. Fokus penelitian dalam skripsi ialah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab Nubdzatul Bayan pada program akselerasi baca kitab kuning di pondok pesantren Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember tahun 2017/2018? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Nubdzatul Bayan pada program akselerasi baca kitab kuning di pondok pesantren Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember tahun 2017/2018? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Nubdzatul Bayan pada program akselerasi baca kitab kuning di pondok pesantren Bustanul Ulum Bulugading Langkap Bangsalsari Jember tahun 2017/2018? Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya memakai observasi, wawancara dan dokumenter. Analisis datanya menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran kitab Nubdzatul Bayan pada program akselerasi baca kitab kuning meliputi menentukan tujuan, menetukan materi, menentukan media, menentukan metode dan evaluasinya. (2) Pelaksanaan pembelajaran kitab Nubdzatul Bayan pada program akselerasi baca kitab kuning dilaksanakan sebanyak empat kali tatap muka dalam sehari. Sedangkan metode yang dipakai ialah metode ceramah, tanya jawab, sorogan dan metode hafalan. (3) Evaluasi pembelajaran kitab Nubdzatul Bayan pada program akselerasi baca kitab kuning yaitu dengan evaluasi formatif, evaluasi sumatif dan evaluasi kenaikan jilid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:37
Last Modified: 30 Mar 2023 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21290

Actions (login required)

View Item View Item