Implementasi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di Pondok Pesantren Yasinat Wuluhan Jember

Umairoh, Nur Fatul (2018) Implementasi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di Pondok Pesantren Yasinat Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Fatul Umairoh_084 131 346.pdf

Download (18MB)

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan agama Islam pesantren mempunyai peran penting untuk membentuk para generasi penerus yang harus mempunyai bekal yang cukup untuk menghadapi era globalisasi saat ini, di mana sudah terjadi banyak penyimpangan. Salah satu caranya dengan membentuk generasi para penghafal al-Qur’an dan di pesantren tersebut di bentuk program khusus yaitu dalam bentuk Akselerasi. Fokus penelitian yang di teliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Yasinat Wuluhan Jember?, 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Yasinat Wuluhan Jember?,3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Yasinat Wuluhan Jember? Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Yasinat Wuluhan Jember. 2) Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Yasinat Wuluhan Jember. 3) Untuk mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Yasinat Wuluhan Jember. Untuk menjawab fokus penelitian diatas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif. Dalam pemilihan subyek penelitian menggunakan teknik purposif, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model interaktif dari milles dan Huberman, dengan langkahlangkah yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan/Verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitiannya adalah :1)Perencanaan dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Yasinat Wuluhan Jember yaitu: a) mulai dari persiapan awal mulai dari ketentuan harus memenuhi syarat-syarat yang sudah di buat oleh kepala Pondok Pesantren, b) Perencanaan kegiatan dalam Pondok, seperti jadwal-jadwal untuk agenda kegiatan setiap harian, mingguan dan agenda bulanan bahkan tahunan. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Yasinat Wuluhan Jember yaitu: a) Pelaksanaan menghafal di lakukan setiap hari secara terstruktur sesuai dengan jadwal yang telah tersedia, b) Pelaksanaan Tahfidz pada dasarnya sama dengan yang di program reguler, hanya saja yang membedakan pada jadwal, c) kesulitan menghafal pada surat-surat tertentu. 3)Evaluasi dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Yasinat Wuluhan Jember ini dilaksanakan setiap hari yaitu: a) Seperti setoran harian dan dilaksanakan setiap pagi dan sore kecuali hari jum’at, b) Evaluasi Tahunan dilaksanakan setiap tahun dan bagi santri yang sudah khotam 30 jus dan juga sudah lulus dari berbagai seleksi hafalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:37
Last Modified: 30 Mar 2023 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21291

Actions (login required)

View Item View Item