Penanaman Niai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Group Musik Patrol Sholawat di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang Kabupaten Jember.

Rohman, Faidir (2018) Penanaman Niai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Group Musik Patrol Sholawat di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FAIDIR ROHMAN_084 141 478.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan sebuah usaha untuk mendidik seseorang agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktikkannya dalam kehidupan sehari–hari, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah 1) Bagaimana penanaman nilai karakter religius melalui kesenian musik patrol sholawat di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang Kabupaten Jember? 2) Bagaimana penanaman nilai karakter disiplin melalui kesenian musik patrol sholawat di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang Kabupaten Jember? 3) Bagaimana penanaman nilai karakter kreatif melalui kesenian musik patrol sholawat di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang Kabupaten Jember? 4) Bagaimana penanaman nilai karakter tanggung jawab melalui kesenian musik patrol sholawat di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penanaman nilai karakter religius melalui kesenian musik patrol sholawat di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang Kabupaten Jember 2) Mendeskripsikan penanaman nilai karakter disiplin melalui kesenian musik patrol sholawat di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang Kabupaten Jember 3) Mendeskripsikan penanaman nilai karakter kreatif melalui kesenian musik patrol sholawat di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang Kabupaten Jember 4) Mendeskripsikan penanaman nilai karakter tanggung jawab melalui kesenian musik patrol sholawat di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian berbentuk deskriptif. Teknik penentuan informan penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman, yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain : 1) Penanaman nilai karakter religius melalui kesenian musik patrol sholawat di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Nilai karakter religius melalui kesenian ini berupa Shalat berjamaah dan membaca Al-Qur’an (surat-surat pendek). Shalat berjamaah dan membaca Al-Qur’an (surat-surat pendek) terlihat pada saat sebelum kegiatan latihan kesenian musik patrol sholawat dimulai. 2) Penanaman nilai karakter displin melalui kesenian musik patrol sholawat di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Nilai karakter disiplin melalui kesenian ini berupa ketertiban dan kepatuhan personil kesenian musik patrol sholawat dalam menghadiri latihan sesuai jadwal yang telah disepakati. 3) Penanaman nilai karakter kreatif melalui kesenian musik patrol sholawat di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Nilai karakter kreatif melalui kesenian ini dalam bentuk kreatifitas para personil dalam aransemen lagu sehingga mampu menghasilkan karya baru. 4) Penanaman nilai karakter tanggung jawab melalui kesenian musik patrol sholawat di Desa Tegal Rejo Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Nilai karakter tanggung jawab melalui kesenian ini berupa melalui sikap personil dalam menyelesaikan semua tugas dan latihan yang menjadi tanggung jawabnya, serius dan konsisten dalam menyiapkan dan merapikan alat musik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:37
Last Modified: 30 Mar 2023 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21292

Actions (login required)

View Item View Item