Pembelajaran Fikih Bagi Siswa Program Peserta Didik Cerdas Istimewa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Laili, Faiqotul (2018) Pembelajaran Fikih Bagi Siswa Program Peserta Didik Cerdas Istimewa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Faiqotul Laili_084 141 153.pdf

Download (11MB)

Abstract

Fikih merupakan mata pelajaran yang membahas tentang tata cara beribadah kepada Allah SWT baik secara teori maupun secara praktiknya. Oleh karena itu mata pelajaran Fikih harus dipelajari siswa sampai tuntas. Program peserta didik cerdas istimewa merupakan program sistem kredit semester dengan jangka waktu empat semester dalam menempuh pendidikan ditingkat Madrasah Tsanawiyah. Maka sangat penting untuk diteliti mengenai pembelajaran Fikih bagi siswa program Peserta Didik Cerdas Istimewa, sehingga dapat diketahui bagaimana pembelajaran Fikih ini dapat dituntaskan baik teori maupun praktik beribadah dalam kurun waktu hanya empat semester. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Fikih bagi siswa PDCI di MTsN 2 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Fikih bagi siswa PDCI di MTsN 2 Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Fikih bagi siswa PDCI di MTsN 2 Jember? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Fikih bagi siswa PDCI di MTsN 2 Jember. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Fikih bagi siswa PDCI di MTsN 2 Jember. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Fikih bagi siswa PDCI di MTsN 2 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subjek menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan teknik interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber daan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan pembelajaran Fikih bagi siswa PDCI di MTsN 2 Jember meliputi perangkat pembelajaran yang di buat oleh tim PDCI bersama guru mata pelajaran Fikih. Tugas tim PDCI adalah memadatkan materi sehingga alokasi waktu pembelajaran selama di jenjang Madrasah Tsanawiyah menjadi dua tahun. Tugas guru mata pelajaran Fikih adalah membuat rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan silabus yang telah di petakan oleh tim PDCI. 2) Pelaksanaan pembelajaran Fikih bagi siswa PDCI di MTsN 2 Jember sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dirancang, tetapi tidak terlalu terpaku dengan RPP yang ada sehingga terdapat beberapa perubahan menyesuaikan dengan kondisi kelas. 3) Evaluasi pembelajaran Fikih bagi siswa PDCI di MTsN 2 Jember meliputi tiga ranah yaitu afektif yang merupakan KI 1 (afektif spiritual) dan KI 2 (afektif sosial), kognitif yang merupakan KI 3 (pengetahuan) dan psikomotor yang merupakan KI 4 (keterampilan). Instrumentnya di rancang sendiri oleh guru mata pelajaran Fikih. Di kelas PDCI evaluasinya dilakukan dua kali dalam satu semester yaitu penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir sekolah (PAS).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:37
Last Modified: 30 Mar 2023 07:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21294

Actions (login required)

View Item View Item