Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Menghafal AlQur’an Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Putri Yayasan Islam Nahdlatuth Thalabah (Yasinat) Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2018.

Andriani, Fika (2018) Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Menghafal AlQur’an Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Putri Yayasan Islam Nahdlatuth Thalabah (Yasinat) Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fika Andriani_084 141 339.pdf

Download (8MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah kalamuAllah yang mulia dan mendatangkan pahala bagi siapa saja yang membacanya apalagi kepada yang menghafalkannya. Namun tidaklah mudah dalam menghafalkan Al-Qur’an tentunya ada kesulitan-kesulitan selama proses menghafal, namuh hal tersebut tidak menjadi masalah bagi para penghafal Al-Qur’an. karena sudah banyak bemunculan berbagai macam metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an yang bertujuan untuk mempermudah selama proses menghafal. Salah satunya Metode Yanbu’a. Metode Yanbu'a adalah baca tulis al-Quran untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an. Dan cara membacanya disesuaikan dengan kaidah makhorijul huruf. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana Proses menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Putri Yayasan Islam Nahdlatuth Thalabah (YASINAT) Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2018? 2) Bagaimana problematika Tahfidzul Qur’an menggunakan metode Yanbu’a di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Putri Yayasan Islam Nahdlatuth Thalabah (YASINAT) Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember tahun Pelajaran 2018? Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskiptif. Dalam penentuan subyek data penelitian ini menggunakan Purposive, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Data Reduction (reduksi data), Data Display (penyajian data), Conclusion / verification (kesimpulan). Keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan tekhnik. Hasil penelitian ini yaitu, 1) dalam Proses menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Putri (YASINAT) memiliki dua tahap diantaranya: a) tahap awal dalam menghafal Al-Qur’an dimulai dengan pengenalan metode Yanbu’a yang bertujuan memperbaiki bacaan Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid. b). pelaksanaan menghafal Al-Qur’an meliputi: Materi, materi yang digunakan yakni ayat-ayat Al-Qur’an dan Yanbu’a. Metode,metode yang digunakan yakni metode Tahfidz dan Talaqqi. Media, media yang digunakan yakni media Al-Qur’an. dan evaluasi untuk evaluasi yang digunakan yakni menggunakan dua evaluasi MHQ (Musabaqoh Hifdil Qur’an) dan muroja’ah. 2). problematika Tahfidzul Qur’an menggunakan metode Yanbu’a di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Putri Yayasan Islam Nahdlatuth Thalabah (YASINAT) Desa Kesilir Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember meliputi: a) problematika internal meliputi : malas melakukan sima’an dan Tidak mengulang hafalan secara rutin. b) problematika eksternal meliputi : kurangnya bimbingan membedakan ayat-ayat yang hampir sama dan kurangnya motivasi dari pengurus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:38
Last Modified: 30 Mar 2023 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21297

Actions (login required)

View Item View Item