Analisis Komparasi Penggunaan Metode Sosiodrama dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyelenggaraan Jenazah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Wulandari, Puja Anggun (2018) Analisis Komparasi Penggunaan Metode Sosiodrama dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyelenggaraan Jenazah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Puja Anggun Wulandari_084 141 007.pdf

Download (17MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, kualitas pembelajaran sangat menentukan tercapainya tujuan pendidikan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, seorang pendidik harus cermat dalam memilih metode pembelajaran yang akan berpengaruh pula pada hasil belajar yang diperoleh. Karena penggunaan metode dalam sebuah pembelajaran menjadi salah satu komponen yang penting. Jika pada zaman dulu metode yang diterapkan cenderung menggunakan metode ceramah saja, akan tetapi di era globalisasi ini seorang pendidik harus lebih inovatif dalam menggunakan metode yang tepat & kreatif pada saat pembelajaran, hal ini juga berlaku pada mata pelajaran PAI. Salah satu metode yang dapat digunakan pada mata pelajaran PAI ialah melalui metode sosiodrama. Dua orang guru PAI di SMKN 1 Jember sudah ada yang pernah mengajar dengan memberikan tugas membuat drama pada siswa sesuai materi yang dipelajari dan hasil belajar yang didapat ternyata lebih baik bila dibandingkan dengan metode ceramah, akan tetapi ada salah satu materi hasil belajar yang didapat tidak lebih baik bila dibandingkan hanya dengan ceramah saja. Salah satu materi pada mata pelajaran PAI ialah Materi Penyelenggaraan Jenazah. Materi ini adalah salah satu materi PAI yang diberikan pada kelas XI semester 2 dengan Kompetensi Dasar (KD) yang akan dipelajari yaitu: 3.7. Menganalisis pelaksanaan penyelenggaraan jenazah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa yang menggunakan metode sosiodrama lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan metode ceramah pada materi penyelenggaraan jenazah di SMKN 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan metode sosiodrama akan menghasilkan proses pembelajaran lebih baik atau tidak bila dibandingkan dengan yang menggunakan metode ceramah pada materi penyelenggaraan jenazah di SMKN 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Adapun sampel yang diambil ialah siswa kelas XI UPW dengan jumlah sampel 29 siswa dan XI MM3 dengan jumlah sampel 29 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan analisis statistik parametrik dengan Uji t. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, maka diperoleh nilai thitung sebesar 2.00 dan ttabel 1.673, maka nilai thitung > ttabel. Jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan metode sosiodrama lebih baik bila dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunkan metode ceramah pada materi penyelenggaraan jenazah di SMKN 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:38
Last Modified: 30 Mar 2023 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/21298

Actions (login required)

View Item View Item